Model Decision Support System untuk Pengembangan Program Studi di Perguruan Tinggi

Adrian, Adrian (2012) Model Decision Support System untuk Pengembangan Program Studi di Perguruan Tinggi. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-adrian-04701261020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menghasilkan model program pendukung pengambilan keputusan, yang dapat membantu pimpinan perguruan tinggi dalam pengambilan keputusan guna pengembangan sebuah program studi, juga untuk mengevaluasi hasil implementasi database management dengan Decision Support System. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) atau penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui studi awal, untuk mengetahui kesiapan perguruan tinggi dalam memenuhi komponen pendukung seperti pangsa pasar dan prosedur pendirian/pengembangan perguruan tinggi, lalu dilakukan studi literatur terhadap kondisi ideal sebuah pengembangan program studi dan perangkat pendukung pengambilan keputusan, setelah itu dilanjutkan dengan proses perancangan dan desain program. Sebelum DSS diterapkan selanjutnya dilakukan ujicoba perancangan melalui tiga tahap: 1) expert judgment, 2) ujiterbatas, dan 3). uji akhir. Pada tahap pengembangan yang dilakukan bukanlah pengembangan pada DSS-nya melainkan pada pengembangan implementasi dari DSS untuk pengembangan program studi di perguruan tinggi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut.1) pengambilan keputusan pimpinan dengan adanya DSS ini menjadi lebih optimal dan dapat menjadi alternatif solusi untuk mengoptimalkan hasil keputusan yang akan diambil, terutama dalam pengembangan sebuah Program studi. 2) DSS dapat memberikan masukan terhadap kondisi terkini program studi, penerimaan dari pangsa tenaga kerja yang ada, kompetitor lain, kondisi dan kesesuaian kurikulum yang ada. 3) model DSS ini sesuai dengan kebutuhan pimpinan dalam membantu memberikan masukan untuk pengambilan sebuah keputusan perkembangan program studi serta simulasi terhadap prodi baru atau prodi lama yang ingin melakukan proses akreditasi. 4) hasil uji empiris menunjukkan selisih skor penilaian namun, masih dalam ranah rentangan skor yang sama, hal ini menunjukkan bahwa pengelompokan variabel dan formulasi rumusan yang digunakan 95% mendekati kesesuaian dengan hasil dari BAN PT, dan dapat memberikan keluaran masukan yang sesuai dengan konversi skornilai BAN PT.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: decision support system, program studi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2016 07:51
Last Modified: 19 Jul 2022 07:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31604

Actions (login required)

View Item View Item