LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENGAJARAN TK ABA PAKIS DLINGO, BANTUL, YOGYAKARTA

Wiwin Andriyani, Wiwin Andriyani (2015) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENGAJARAN TK ABA PAKIS DLINGO, BANTUL, YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wiwin Andriyani_12111241003.pdf

Download (960kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib diambil dan ditempuh oleh mahasiswa program pendidikan dari setiap jurusan atau program studi kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Penyusun melaksanakan observasi pada Rabu, 4 Februari 2015 sampai kamis , 5 Februari 2015. Program PPL dibagi dalam program pengajaran dan non pengajaran. Program pengajaran dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan, yang meliputi dua kali pertemuan pengajaran biasanya, dan dua kali pertemuan untuk ujian mengajar. Kegiatan PPL ini berlangsung dari tanggal 11 Agustus 2015 hingga 12 September 2015. Program PPL ini terdiri dari dua program, yaitu program pengajaran dan program non pengajaran.Program pengajaran meliputi pembuatan RKH, konsultasi RKH, membuat media pembelajaran, pembuatan instrumen, mengajar di kelas dengan menjadi guru utama dan guru pendamping, penilaian harian. Program non pengajaran terdiri dari program-program untuk sekolah di luar jam pembelajaran. Berdasarkan analisis hasil mengajar yang diperoleh, 70% anak-anak mampu mengerjakan kegiatan yang diberikan mahasiswa selama PPL. Hal itu terjadi karena anak-anak terlihat antusias karena kegiatan yang diberikan oleh mahasiswa lebih kepada hasil karya bukan Lembar Kerja Anak (LKA). Pembiasaan menyanyi lagu-lagu baru yang diajarkan oleh mahasiswa dapat diterima anak dengan antusias,namun kendala yang dihadapi ketika proses pembelajaran adalah sulitnya merubah pembiasaan yang lama ke pembiasaan yang baru, serta masih kurangnya kepercayaan orang tua terhadap anak, sehingga masih banyak anak yang di tunggui orangtuanya ketika proses pembelajaran. Selain itu program non pengajaran yang dilakukan mahasiswa ppl juga disenangi anak-anak hampir 95% anak-anak antusias dalam melakukan ekstra yang di dampingi oleh mahasiswa PPL. Ekstra yang dilakukn antara lain tari, melukis, senam dll. . Kegiatan PPL Pengajaran diakhiri dengan ujian pembelajaran sebanyak dua kali pertemuan. Lalu dilanjutkan dengan kegiatan penarikan PPL oleh Ibu Muthmainah, M. Pd selaku DPL PPL. Penarikan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, 11 September 2015 di TK ABA Pakis

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Analisis Hasil
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Apr 2016 03:43
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31566

Actions (login required)

View Item View Item