LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI TK ABA PAKIS DLINGO BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016

Lilis Rahmawati, Lilis Rahmawati (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI TK ABA PAKIS DLINGO BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Lilis Rahmawati_12111241008.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu kegiatan kurikuler yang dilakukan oleh mahasiswa yang mencakup latihan mengajar maupun tugas kependidikan di luar mengajar secara terbimbing dan terpadu untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi kependidikan. Tujuan PPL ialah agar mahasiswa calon pendidik memiliki kompetensi melaksanakan proses belajar mengajar dan tugas-tugas kependidikan lainnya di sekolah, serta mengatasi masalah-masalah nyata yang ditemukan di lapangan sebagai persiapan untuk dapat melaksanakan tugas sebagai guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Beban Kredit Praktek Pengalaman Lapangan berbobot 6 sks yang terdiri dari dua penggalan yang integratif yaitu PPL I dan PPL II atau disebut juga dengan Magang III. Penyusun melaksanakan observasi ke tempat pelaksanaan PPL pada Rabu, 4 Februari 2015 sampai Kamis, 5 Februari 2015. Program PPL dibagi dalam program pengajaran dan non pengajaran. Program pengajaran dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan, yang meliputi dua kali pertemuan pengajaran terbimbing, dan dua kali pertemuan untuk ujian mengajar. Untuk melaksanakan program pengajaran tersebut, penyusu melalui enam tahap proses pengajaran, yaitu (1) Penyusunan RKH; (2) Konsultasi RKH; (3) Pembuatan media pembelajaran; (4) Pembuatan instrument; (5) Mengajar di kelas; dan (6) Penilaian Harian. Selain itu setelah pelaksanaan pembelajaran, penyusun masih bertugas untuk menganalisis hasil pembelajaran untuk mengetahui efektivitas perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Selain tugas kependidikan telah dilaksanakan juga tugas non kependidikan yang dilaksanakan secara kelompok. Tugas non kependidikan tersebut antara lain (1) Senam; (2) Ekstra Menari; (3) Ekstra Melukis; (4) Pembiasaan Mencuci Tangan Menggunakan Sabun; (5) Pengadaan Papan Daftar Kehadiran Siswa; (6) Ekstra Iqro; dan (7) Pendampingan Perlengkapan Administrasi. Berdasarkan analisis hasil mengajar yang diperoleh, anak-anak mampu mengerjakan kegiatan yang diberikan mahasiswa selama PPL. Anak-anak terlihat antusias karena kegiatan yang diberikan oleh mahasiswa lebih kepada hasil karya bukan Lembar Kerja Anak (LKA). Selain itu kegitan yang diberikan sangat bervariatif sehingga anak tidak mudah merasa bosan.Lagu-lagu baru yang diajarkan oleh mahasiswa dapat diterima anak dengan antusias. Mayoritas anak telah mendapat hasil berkembang sesuai harapan pada setiap kegiatan pembelajran yang telah dilaksanakan dan terdapat anak yang berkembang sangat baik dalam beberapa kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Kegiatan PPL Pengajaran diakhiri dengan ujian pembelajaran sebanyak dua kali pertemuan. Lalu dilanjutkan dengan kegiatan perpisahan sekaligus penarikan PPL oleh Ibu Muthmainah, M. Pd selaku DPL PPL. Penarikan tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at, 11 Agustus 2014 di TK ABA Pakis, Dlingo.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Analisis Hasil.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Apr 2016 03:29
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31559

Actions (login required)

View Item View Item