LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENGAJARAN TK ABA PAKIS DLINGO, BANTUL, YOGYAKARTA

Heni Dwi Sulistiana, Heni Dwi Sulistiana (2015) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENGAJARAN TK ABA PAKIS DLINGO, BANTUL, YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Heni Dwi Sulistiana_12111241005.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu mata kuliah yang memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dibidang tenaga kependidikan untuk dapat praktik mengajar secara langsung disekolah. Kegiatan dalam mata kuliah PPL ini terkait dengan proses pembelajaran serta kegiatan lain yang mendukung berlangsungnya kegiatan pembelajaran. Mata kuliah PPL ditujukan pada masyarakat sekolah, masyarakat sekitar sekolah, baik kegiatan akademis dan pembelajaran maupun kegiatan nonakademis yang dimaksudkan untuk meningkatkan proses pembelajaran sesuai dengan kompetensi guru yang harus dikuasai sebagai seorang pendidik. Sebelum PPL/ Magang III dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan observasi ke TK yang berkaitan. Observasi bertujuan untuk mengetahui bagamana pembelajaran yang dilakukan di TK tersebut dan untuk mengetahui bagaimana administrasi dari TK tersebut sehingga mahasiswa PPL lebih mudah untuk menyesuaikan dalam pembuatan RKH maupun instrument penilaian harian. Sekolah yang dijadikan mitra dengan UNY dalam program PPL ini salah satunya adalah TK ABA Pakis. TK ABA Pakis berlokasi di dusun Pakis, Dlingo, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Program PPL dibagi dalam program pengajaran dan non pengajaran. Program pengajaran terbimbing dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan, yang meliputi dua kali pertemuan menjadi guru utama secara terbimbing, dan dua kali pertemuan sebagai ujian mengajar secara mandiri. Pelaksanakan program pengajaran tersebut, dilakukan penyusun melalui tujuh tahap proses pengajaran, yaitu (1) Persiapan Sarana Pembelajaran (2) Penyusunan RKH; (3) Konsultasi RKH; (4) Pembuatan media pembelajaran; (5) Pembuatan instrumen penilaian; (6) Mengajar di kelas; dan (7) Penilaian. Selain itu setelah pelaksanaan pembelajaran, penyusun masih bertugas untuk menganalisis hasil pembelajaran untuk mengetahui efektivitas perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Selain pada kegiatan pengajaran, adapun kegiatan non pengajaran yang diikuti oleh masing-masing individu, diantaranya: (1) Upacara; (2) Pendampingan Ekstra Melukis; (3) Pendampingan Ekstra Tari; (4) Pendampingan Ekstra Iqra’; (5) Pendampingan Kegiatan Senam; (6) Pengadaan Papan Daftar Kehadiran Siswa; (7) Pendampingan Perlengkapan Administrasi Pembelajaran; (8) Pembiasaan Kegiatan Cuci Tangan Menggunakan Sabun; (9) Pendampingan Mengajar; (10) Persiapan Sarana Pembelajaran; dan (11) Perpisahan. Kegiatan PPL diakhiri dengan kegiatan penarikan PPL oleh Ibu Muthmainnah, M.Pd selaku DPL PPL. Penarikan tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at, 11 September 2015 di TK ABA Pakis.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Program Pengajaran, dan Program Non Pengajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Apr 2016 03:19
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31556

Actions (login required)

View Item View Item