LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENGAJARAN TK ABA PAKIS DLINGO, BANTUL, YOGYAKARTA

Devi Maharani, Devi Maharani (2015) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENGAJARAN TK ABA PAKIS DLINGO, BANTUL, YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Devi Maharani_12111241013.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah serangkaian kegiatan yang diprogramkan bagi mahasiswa, yang meliputi baik latihan mengajar di dalam kelas (yang bersifat akademik) maupun latihan mengajar di luar kelas (yang bersifat non akademik). Selain itu, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) juga merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. PPL Mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya dilapangan. Sebaliknya mahasiswa juga dapat belajar dari lapangan. Dengan demikian mahasiswa dapat memberi dan menerima (give and take) berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi calon tenaga pendidikan profesional. Penyusun melaksanakan observasi pada hari Rabu, 4 Februari 2015 sampai dengan Kamis, 5 Februari 2015. Program PPL dibagi dalam program pengajaran dan non pengajaran. Program pengajaran dilaksanakan sebanyak sembilan kali pertemuan, yang meliputi enam kali pertemuan pengajaran biasanya, dan dua kali pertemuan untuk ujian mengajar. Untuk melaksanakan program pengajaran tersebut, penyusu melalui enam tahap proses pengajaran, yaitu (1)Penyusunan RKH; (2)Konsultasi RKH; (3)Pembuatan media pembelajaran; (4)Pembuatan instrument; (5)Mengajar di kelas sebagai guru utama; (6)Pendampingan Mengajar, (7)Persiapan Sarana Pembelajaran; dan (8)Penilaian Harian, serta Menganalisis hasil belajar anak dalam pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan untuk program non pengajaran yakni Upacara, Pendampingan Ekstra Melukis, Pendampingan Ekstra Tari, Pendampingan Ekstra Iqra’, Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran, Pendampingan dan Pembuatan Papan Absensi, Pendampingan Perlengkapan Administrasi Pembelajaran, serta Pembiasaan Kegiatan Cuci Tangan Menggunakan Sabun. Berdasarkan analisis hasil mengajar yang diperoleh, dapat diketahui bahwa anak-anak mampu mengerjakan kegiatan yang diberikan mahasiswa selama PPL. Anak-anak terlihat antusias dan mampu mengerjakan apa yang seharusnya dikerjakan hal ini karena kegiatan yang diberikan oleh mahasiswa lebih kepada hasil karya bukan Lembar Kerja Anak (LKA). Selain itu, mahasiswa PPL juga mengajarkan lagu-lagu baru yang diterima anak dengan antusias ysng dibuktikan dengan anak mampu mengikuti lagu dengan cepat beserta gerakannya. Untuk kegiatan PPL Pengajaran diakhiri dengan ujian pembelajaran sebanyak dua kali pertemuan. Lalu dilanjutkan dengan kegiatan penarikan PPL oleh Ibu Muthmainah, M. Pd selaku DPL PPL. Penarikan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, 11 September 2015 di TK ABA Pakis.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Analisis Hasil.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Apr 2016 03:16
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31555

Actions (login required)

View Item View Item