LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SD NEGERI NGOTO Semail, Bangunharjo, Sewon, Bantul Yogyakarta

AHMAD MULTAZAM, AHMAD MULTAZAM (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SD NEGERI NGOTO Semail, Bangunharjo, Sewon, Bantul Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12108244036_Ahmad Multazam_PGSD.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan dan penyelenggaraan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan agar mahasiswa memiliki pengalaman nyata tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di SD, yang kemudian dapat dipakai sebagai bekal untuk pengetahuan, keterampilan yang diperlukan dalam profesinya. Pengalaman tersebut juga dipakai dalam pengaplikasian ilmu yang telah didapat selama berada di bangku perkuliahan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai tanggal 12 september 2015. SD Negeri Ngoto yang beralamat di dusun Semail Bangunharjo Sewon Bantul Yogyakarta, dipilih oleh pihak LPPMP sebagai tempat praktik. Dalam kegiatan PPL memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan, keterampilan yang didapat dari bangku kuliah, serta memberi pengalaman mengajar langsung kepada mahasiswa agar siap ketika menjadi guru kelak. Pada pada dasarnya PPL yang dilakukan dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu persiapan, praktik terbimbing, dan juga mengikuti berbagai kegiatan persekolahan. Praktik lapangan secara umum terdiri dari kegiatan mengajar dan kegiatan non-mengajar. Program kegiatan mengajar dibagi menjadi dua tahap dimana tahap yang pertama adalah praktik terbimbing dilaksanakan sebanyak minimal 4 kali yang terbagi menjadi kelas rendah dan kelas tinggi, dan yang terakhir adalah ujian yang dilaksanakan sebanyak dua kali sebagai evaluasi keseluruhan dari pelaksanaan praktik lapangan. Sedangkan untuk program non-mengajar yaitu semua aktivitas yang berhubungan dengan administrasi guru yang mendukung dalam pembelajaran. Program unggulan dalam PPL kali ini adalah program literasi yang bertujuan untuk mengembangkan budaya menulis para siswa. Kendala yang sering dihadapi dalam kegiatan praktik adalah mengkondisikan siswa dan mengetahui capaian belajar siswa pada awal pertama yang kemudian diselesaikan dengan cara banyak berkomuniasi dengan para wali kelas untuk mengetahui capaian siswa. Kendala yang lain adalah membuat suatu pembelajaran menjadi kongkret bagi siswa namun tidak membosankan sekaligus menyenangkan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini diharapkan agar mahasiswa mampu menghayati, mempraktikan, dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan bagi calon guru kelas, serta mahasiswa memiliki kesadaran akan tanggung jawab sebgai pengajar dan pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL 2015, SD Negeri Ngoto, Program, Hasil dan kendala
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Apr 2016 02:38
Last Modified: 01 Oct 2019 11:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31544

Actions (login required)

View Item View Item