LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI NGOTO

Fetty Fellasufah, Fetty Fellasufah (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI NGOTO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12108244019_Fetty Fellasufah_PGSD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program PPL Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus 2015 memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. SD Negeri Ngoto merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk dan dipercaya oleh UNY untuk menjadi lokasi PPL pada semester khusus tahun 2015. Tujuan dari progran PPL adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pembelajaran di sekolah; melatih dan mengembangkan profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan; kesempatan untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Program PPL ini terdiri dari program mengajar dan non mengajar. Program mengajar terdapat pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 4 kali yang dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2015, 25 Agustus 2015, 27 Agustus 2015, dan 1 September 2015. Praktik ujian sebanyak 2 kali yang dilaksanakan tanggal 7 September 2015 dan 8 September 2015. Praktik mengajar ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, pengembangan materi, penyusunan evaluasi, pembuatan rubrik penilaian, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan tindak lanjut.. Pada pelaksanaan program PPL di SD Negeri Ngoto berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, akan tetapi dengan kerja sama antara para mahasiswa PPL dapat mengatasi permasalahan yang ada. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut. Kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari kedalam proses pembelajaran di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan yang baik antaraUNY dengan sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktik Mengajar, Sekolah Dasar, SD Negeri Ngoto
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Apr 2016 02:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31543

Actions (login required)

View Item View Item