HUBUNGAN PROSES PEMBELAJARAN BERMUATAN KARAKTER DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AUTOCAD DASAR SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Pralian, Esti Wiras (2016) HUBUNGAN PROSES PEMBELAJARAN BERMUATAN KARAKTER DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AUTOCAD DASAR SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Pralian Esti Wiras 095052440022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN PROSES PEMBELAJARAN BERMUATAN KARAKTER DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AUTOCAD DASAR SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Oleh : Pralian Esti Wiras 09505244022 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi persepsi proses pembelajaran dan hasil belajar mata pelajaran AutoCAD Dasar bermuatan karakter siswa kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta, (2) hubungan proses pembelajaran bermuatan karakter dengan hasil belajar mata pelajaran AutoCAD Dasar siswa kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto yang dilakukan di SMK Negeri 3 Yogyakarta pada bulan Maret 2013. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X mata pelajaran AutoCAD Dasar jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penentuan jumlah sampel berdasarkan pada Nomogram Harry A King dengan mengambil tingkat kesalahan α sebesar 5%, didapat sampel sejumlah 92 siswa yang terdiri dari 30 siswa untuk uji coba angket dan 62 siswa untuk uji hipotesis. Jumlah sampel setiap kelas diambil secara proportional terhadap populasi yang bersangkutan. Metode pengumpulan data menggunakan angket bersifat tertutup dan dokumentasi. Uji validitas konstruk instrumen dengan expert judgement dan pengujian validitas isinya dengan uji korelasi antar item. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Persyaratan analisis terdiri dari uji normalitas menggunakan One Sample Kolmogorov- Smirnov test dan uji linieritas menggunakan Uji F. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan analisis korelasi sederhana (product moment) dilanjutkan dengan analisis regresi tunggal dengan bantuan program SPSS v.16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran pada mata pelajaran AutoCAD Dasar berada dalam kategori baik sebesar 93%, sedangkan hasil belajar siswa pada kategori memuaskan sebesar 33,9%. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara proses pembelajaran bermuatan karakter dengan hasil belajar pada mata pelajaran AutoCAD Dasar siswa kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta dengan koefisien korelasi sebesar 0,469 > rtabel (0,250) dan p = 0,000 < 0,05. Nilai determinan R2 = 22% yang berarti variabel proses pembelajaran bermuatan karakter (X) memberikan sumbangan efektif terhadap variabel hasil belajar mata pelajaran AutoCAD Dasar (Y) sebesar 22% dan 78% disumbang oleh variabel lain. Kata kunci: Proses pembelajaran, AutoCAD Dasar, Hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 21 Apr 2016 02:30
Last Modified: 30 Jan 2019 07:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31541

Actions (login required)

View Item View Item