PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA DIKLAT MENCAMPUR PASIR UNTUK CETAKAN LOGAM BERBASIS MICROSCOFT OFFICE POWERPOINT PADA PROGRAM KEAHLIAN PENGECORAN LOGAM SMK BATUR JAYA 1 CEPER-KLATEN

ABDUL, JABBAR WIRATNO (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA DIKLAT MENCAMPUR PASIR UNTUK CETAKAN LOGAM BERBASIS MICROSCOFT OFFICE POWERPOINT PADA PROGRAM KEAHLIAN PENGECORAN LOGAM SMK BATUR JAYA 1 CEPER-KLATEN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA DIKLAT MENCAMPUR PASIR .pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA DIKLAT MENCAMPUR PASIR UNTUK CETAKAN LOGAM BERBASIS MICROSCOFT OFFICE POWERPOINT PADA PROGRAM KEAHLIAN PENGECORAN LOGAM SMK BATUR JAYA 1 CEPER-KLATEN Oleh : ABDUL JABBAR WIRATNO 06503241032 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk merancang, mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis komputer untuk pembelajaran mata diklat Mencampur Pasir Untuk Cetakan Logam di jurusan Teknik Pengecoran Logam SMK Batur Jaya 1 Ceper-Klaten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini dilakukan di jurusan teknik pengecoran logam SMK Batur Jaya 1 Ceper-Klaten. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner. Data yang didapat merupakan data kuantitatif berupa skor dengan skala 4 (rentang 1 sampai 4). Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data tesebut menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dibuat. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran yang berbentuk CD pembelajaran. Proses perancangan media pembelajaran melalui dua tahapan diantaranya perancangan produk dan pembuatan produk. Perancangan produk terdiri dari 4 tahapan, meliputi: (1) identifikasi tujuan, (2) analisis kebutuhan, (3) desain materi pembelajaran, dan (4) desain program. Tahap pembuatan produk meliputi tiga tahapan, meliputi: (1) analisis, (2) penerapan program, (3) uji coba teknis. Proses pengembangan media pembelajaran dikembangkan melalui beberapa tahap, yaitu diantaranya: (1) identifikasi masalah; (2) Perancangan produk; (3) Validasi Produk; (4) revisi produk; (5) tanggapan terbatas; (6) tanggapan lebih luas; (7) produk akhir. Hasil uji kelayakan terhadap media pembelajaran tersebut adalah : (1) evaluasi oleh ahli materi menghasilkan total skor 55 (92%) atau rerata 3,67 dengan kriteria sangat layak; (2) evaluasi oleh ahli media pembelajaran menghasilkan total skor 77(83,7%) atau rerata 3,4 dengan kriteria layak; (3) evaluasi melalui tanggapan terbatas didapat total skor 462 (80,2%) atau rerata 3,2 kriteria layak;dan (4) evaluasi yang dilakukan melalui tanggapan lebih luas didapat total skor 2056 (82,4%) atau rerata 3,3 kriteria layak. Maka dari total skor yang didapat dari uji ahli media, uji ahli materi, tanggapan terbatas dan tanggapan lebih luas tersebut membuktikan bahwa media pembelajaran berbasis komputer dengan program aplikasi Microscoft Office PowerPoint yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran mata diklat Mencampur Pasir Untuk Cetakan Logam. Kata kunci: media pembelajaran, microsoft office powerpoint, mencampur pasir untuk cetakan logam.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 21 Apr 2016 01:51
Last Modified: 21 Apr 2016 01:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31517

Actions (login required)

View Item View Item