PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 SEWON

Tivani Siti Aminah, Tivani Siti Aminah (2015) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 SEWON. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL_Tivani Siti Aminah_FE_P. Ekonomi_12804244017.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk mengembangkan ketrampilan mahasiswa sebagai calon pendidik. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan diharapkan dapat memberikan pengalaman secara langsung kepada mahasiswa praktikan dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik persekolahan, serta dapat memperluas wawasan. Adapaun tujuan dari Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan diantaranya untuk mencetak calon-calon tenaga pendidik dan pengajar yang profesional di bidangnya. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMA Negeri 1 Sewon praktikan mendapat bagian lima kelas yaitu kelas X IIS 1, X IIS 2, X IIS 3, X IIS 4, X MIA 5 dengan total jam perminggu adalah 15 jam pelajaran dengan alokasi 3 jam pelajaran (135 menit) untuk setiap kali tatap muka. Praktikan mencoba mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahlian yaitu ekonomi. Persiapan yang dilakukan sebelum Praktik Pengalama Lapangan (PPL) yakni pengajaran mikro, pembekalan PPL, observasi pembelajaran di kelas, dan pembuatan persiapan mengajar. Kegiatan PPL dimulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015 yang terdapat beberapa kegiatan atau program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yakni penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), praktik mengajar di kelas, mempelajari administrasi guru, bimbingan dengan guru pembimbing lapangan dan dosen pembimbing lapangan, serta penyusunan dan pelaksanaan evaluasi PPL. Pelaksaan mengajar di kelas dimulai tanggal 20 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015, sesuai kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing ekonomi di SMA Negeri 1 Sewon. Materi yang disampaikan selama proses Praktik Pengalama Lapangan (PPL) adalah “Masalah pokok ekonomi dan cara mengatasinya” dan “Pelaku kegiatan ekonomi”. Melalui kegiatan PPL ini banyak manfaat yang dapat diambil oleh para praktikan dalam hal mengajar. Praktikan dapat mengetahui bagaimana menjadi guru yang baik serta dapat memberikan bekal kepada para praktikan untuk dapat mencapai sebuah proses pembelajaran yang optimal demi terciptanya efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang optimal. Selain itu, diharapkan agar mahasiswa dapat meningkatkan kualitas pengajaran dengan pengalaman faktual yang diperoleh dari kegiatan ini baik dalam hal pengembangan metode pembelajaran dan variasi media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sesuai dengan kurikulum.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Institusi Pendidikan, Materi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Apr 2016 01:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31510

Actions (login required)

View Item View Item