LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD NEGERI 1 SEDAYU (SUNDI LOR, ARGOREJO, SEDAYU, BANTUL) 10 AGUSTUS 2015 SAMPAI DENGAN 12 SEPTEMBER 2015

Ain Maigina, Ain Maigina (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD NEGERI 1 SEDAYU (SUNDI LOR, ARGOREJO, SEDAYU, BANTUL) 10 AGUSTUS 2015 SAMPAI DENGAN 12 SEPTEMBER 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
AIN MAIGINA (12108244005).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan / Magang III merupakan sebuah program yang telah disusun dan diagendakan oleh universitas untuk para mahasiswa sebagai sarana memperdalam studi keilmuan yang sedang ditempuh. Program Praktik Pengalaman Lapangan atau sering disingkat PPL memberi kesempatan mahasiswa untuk belajar lebih tentang dunia kerja yang akan dihadapi setelah lulus dari pendidikan. PPL atau Magang III ini dilaksanakan di sekolah dan diperuntukkan bagi mahasiswa kependidikan. Tujuan dari PPL adalah untuk memberi wawasan dan pengalaman mengajar bagi mahasiswa, pelatihan dan pengembangan kompetensi keguruan atau kependidikan yang diperlukan dalam bidang masing-masing, serta peningkatan keterampilan, kemandirian dan tanggung jawab. Kegiatan PPL atau Magang III dilaksanakan pada semester khusus tahun 2015. PPL dilaksanakan selama 1 bulan, terhitung sejak tanggal 10 Agustus sampai 12 septermber 2015. Rangkaian kegiatan PPL dapat dibagi menjadi 2, yaitu kegiatan mebgajar dan non mengajar. Saat kegiatan mengajar, praktikan melakukan persiapan, diantaranya pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, serta kelengkapan lain. Kemudian pada akhir kegiatan dilakukan evaluasi dan tindak lanjut dari pembelajaran. Salah satu sekolah yang ditunjuk sebagai penyelenggaran PPL adalah SD Neheri 1 Sedayu. Praktikan dan anggota kelompok melakukan kegiatan PPL di SD Negeri 1 Sedayu selama 1 bulan dan dengan kegiatan mengajar serta non mengajar. Dari pelaksanaan PPL atau Magang III, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa mendapat pengalaman langsung dalam pengkondisian dan pengelolaan kelas. Mahasiswa mendapat kesempatan untuk belajar tentang pengembangan kompetensi guru kelas dan mengenal permasalah-permasalahan yang biasa terjadi di sekolah. Selain itu mahasiswa juga dapat menerapkan ilmu, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman lain di universitas dalam kehidupan di sekolah

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL/ Magang III, SD N 1 Sedayu, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Apr 2016 01:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31506

Actions (login required)

View Item View Item