LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Lutfi Efendi, Lutfi Efendi (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL LUTFI EFENDI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terpadu yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta merupakan sebuah langkah strategis untuk membekali dan melengkapi kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik di masa mendatang. Mahasiswa ditempatkan di beberapa sekolah dalam beragam jenjang untuk diasah kemampuannya sebagai bekalnya kelak. Salah satu tempat penempatan mahasiswa PPL UNY adalah di SMPN 2 Sewon, Bantul. Kegiatan PPL di SMPN 2 Sewon telah dilaksanakan oleh mahasiswa PPL UNY pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 10 mahasiswa dari 5 program studi yang berbeda, yaitu Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Daerah, Pendidikan Seni Musik dan Pendidikan IPS. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) itu sendiri adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi pembuatan RPP, praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktik mengajar dilaksanakan sejak tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Praktik mengajar sebanyak 18 kali tatap muka di kelas inti, yaitu kelas VIII B, VIII D, dan VIII E. Kemudian juga mengisi kelas VII G dan VII H ketika guru mata pelajaran berhalangan hadir. Serta mengisi les Bahasa Inggris program Sukses UN yang dicanangkan pihak sekolah di kelas VII E, VII F, VII G, dan VII H. Pokok bahasan pengajaran terbimbing yang diberikan meliputi descriptive text dengan mengajarkan dua English macro skills (reading dan writing) dengan berbagai macam metode dan teknik manejemen kelas. Secara umum, kegiatan PPL memberikan banyak manfaat untuk sekolah maupun mahasiswa dalam rangka mengembangkan kompetensi dan sebagai latihan sebelum terjun ke masyarakat dan melakukan tugasnya secara nyata. Terdapat pula kelebihan dan kekurangan dalam pelaksaan PPL namun mahasiswa selalu berusaha mencari solusi untuk mengatasi kekurangan yang dihadapi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: UNY, PPL, SMP 2 Sewon, mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Apr 2016 06:58
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31456

Actions (login required)

View Item View Item