LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Isti Nurhidayah, Isti Nurhidayah (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL ISTI NURHIDAYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan untuk mahasiswa guna meningkatkan pengalaman dan keterampilan secara langsung. Mahasiswa diharapkan mampu merasakan dan menyelesaikan berbagai masalah maupun kendala yang muncul di lapangan terutama berkaitan dengan pembelajaran di sebuah lembaga atau sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan. PPL dapat menjadi sarana belajar untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional dengan berbagai kompetensi yang harus dimilikinya. Program kegiatan PPL ini dilaksanakan mulai 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015 di SMP Negeri 2 Sewon yang terletak di Jalan Parangtritis km 6, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Mahasiswa praktikan memperoleh tugas untuk mempersiapkan praktik mengajar di dalam kelas yang telah disesuaikan dengan Standar Kompetensi yang diampu oleh guru pembimbing masing-masing. Guru pembimbing memberi kesempatan dan kebebasan penuh kepada mahasiswa praktikan dalam mengelola kelas yang diampunya. Program kegiatan PPL dimulai dari kegiatan observasi kelas, perencanaan meliputi konsultasi dengan guru pembimbing maupun DPL PPL, penyusunan silabus, persiapan materi, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), penyusunan materi pembelajaran, penyusunan soal-soal ulangan, persiapan metode dan media pembelajaran sampai dengan pelaksanaan praktik mengajar di kelas. Kegiatan praktik mengajar di kelas telah dilakukan 3 kali tatap muka per minggu selama 5 minggu dengan 3 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Mahasiswa praktikan mengampu 2 kelas yaitu kelas VIII D dan H dengan materi wawancara, menyampaikan laporan perjalanan, dan membaca memindai ensiklopedia dan buku telepon. Pelaksanaan kegiatan PPL di SMP Negeri 2 Sewon dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini tidak terlepas dari peran guru pembimbing dalam membimbing mahasiswa praktikan selama melaksanakan PPL, peran siswa selama kegiatan belajar mengajar (KBM). Melalui kegiatan PPL, mahasiswa praktikan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pengajaran praktik yang telah diperoleh selama di sekolah, khususnya pengalaman mengajar di kelas teori dan praktik sehingga dapat berguna di masa depan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, PPL UNY, SMPN 2 Sewon
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Apr 2016 06:49
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31451

Actions (login required)

View Item View Item