Ika Yuliani, Ika Yuliani (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
LAPORAN PPL IKA YULIANI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu kegiatan untuk meningkatkan pengalaman dan keterampilan mahasiswa agar dapat langsung merasakan dan menyelesaikan berbagai masalah maupun kendala yang seringkali muncul di lapangan terutama yang berkaitan dengan pendidikan danpembelajaran di sebuah lembaga atau sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini perpaduan kegiatan yang bertujuan mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan. Penempatan mahasiswa di lokasi PPL diharapkan mampu meningkatkan skill mahasiswa. PPL merupakan sarana belajar menjadi tenaga pendidik yang profesional dengan berbagai kompetensi yang harus dimiliki. Program kegiatan PPL ini dilaksanakan mulai tanggal 10Agustus sampai dengan 12 September 2015 di SMP N 2 Sewon yang terletak di Jalan Parangtritis km 6, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Mahasiswa praktikan mempunyai kewajiban untuk melakukan kegiatan mengajar terbimbing dan tidak berkewajiban untuk melakukan kegiatan mengajar tidak terbimbing. Kegiatan mengajar terbimbing berarti dalam setiap kegiatan mengajar, guru pembimbing akan mendampingi mahasiswa praktikan, memberikan masukan, merevisi RPP dan kegiatan terbimbing yang lain. Dalam rangkaian kegiatan PPL telah dilaksanakan berbagai kegiatan. Program kegiatan PPL dimulai dari kegiatan observasi kelas, perencanaan meliputi konsultasi dengan guru pembimbing maupun DPL PPL, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mengumpulkan materi, Penyusunan materi pembelajaran, penyusunan soal-soal ulangan, persiapan metode dan media pembelajaran, pelaksanaan praktik mengajar di kelas dan evaluasi. Kegiatan praktik mengajar di kelas sebanyak 5 kali dengan 5Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Setelah itu mahasiswa praktikan memberikan Ulangan Harian kepada siswa. Mahasiswa praktikan mengampu 3 kelas yaitu kelas IX F, IX D dan IX H dengan materi teks prosedur. Pelaksanaan kegiatan PPL di SMP N 2 Sewon ini dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini tidak terlepas dari peran guru pembimbing dalam membimbing mahasiswa praktikan selama melaksanakan PPL, peran siswa selama kegiatan belajar mengajar (KBM). Melalui kegiatan PPL tersebut, mahasiswa praktikan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pengajaran praktik yang telah diperoleh selama di sekolah, khususnya pengalaman mengajar di kelas teori dan praktik dapat berguna di masa depan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Mengajar terbimbing, skill |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 20 Apr 2016 06:47 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:49 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31449 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |