Pembelajaran Apresiasi Puisi di SD Negeri 04 Sampangan Kota Semarang

Hernawati, Sari (2012) Pembelajaran Apresiasi Puisi di SD Negeri 04 Sampangan Kota Semarang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sari-hernawati-07712259044.swf

Download (984kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan pemahaman guru kelas V SD terhadap kurikulum 2004, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran apresiasi puisi yang dilakukan oleh guru, (3) Mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam pembelajaran apresiasi puisi dan (4) Mendeskripsikan usaha yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam pembelajaran apresiasi puisi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi kasus (kualitatif) yang mengambil lokasi di SD Negeri 04 Sampangan Kota Semarang. Teknik cuplikan penelitian menggunakan porpusive sampling. Sumber data diperoleh dari informan, dokumen, observasi dan peristiwa. Informan penelitian ini adalah guru kelas V, siswa, kepala sekolah, dan petugas perpustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan serta trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut : (1) Pemahaman guru kelas V SD Negeri 04 Sampangan Kota Semarang terhadap kurikulum 2004 cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari perencanaan pembelajaran yang disiapkan dan pelaksanaan pembelajaran puisi sudah sesuai dengan rencana yang digunakan, (2) Pelaksanaan pembelajaran apresiasi puisi yang dilaksanakan secara terpadu tersebut dengan beberapa aspek keterampilan berbahasa, (3) Pelaksanaan pembelajaran puisi di SD 04 Sampangan Kota Semarang terdapat hambatan-hambatan diantaranya adalah : terbatasnya waktu yang tersedia dan keberanian siswa yang belum optimal, (4) Usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan pembelajaran puisi adalah dengan membuat langkah-langkah pembelajaran dan mengarahkan siswa untuk membaca puisi di rumah dan di perpustakaan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, persepsi guru, apresiasi puisi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2016 06:24
Last Modified: 29 Jan 2019 08:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31439

Actions (login required)

View Item View Item