Evaluasi Program Kegiatan Lesson Study Berbasis Kelompok Kerja Guru (KKG) Sekolah Dasar Se-Kecamatan Barambai Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan

Musmulyadi, Musmulyadi (2012) Evaluasi Program Kegiatan Lesson Study Berbasis Kelompok Kerja Guru (KKG) Sekolah Dasar Se-Kecamatan Barambai Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-musmulyadi-10712259010.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, dan mengevaluasi program kegiatan lesson study berbasis KKG Sekolah Dasar se-Kecamatan Barambai Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan serta menemukan kendala yang dihadapi dalam program kegiatan tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian evaluasi program, pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif, model evaluasi yang digunakan merupakan model evaluasi formatif menggunakan kriteria evaluasi tanpa pertimbangan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV, V, VI, guru pada KKG Gugus I Lentera Bangsa dan Gugus II Tut Wuri Handayani serta kepala sekolah dan pengawas TK/SD Kecamatan Barambai. Objek penelitian ini adalah kegiatan lesson study. Instrumen penelitian dengan pedoman wawancara dan lembar observasi pada program kegiatan lesson study. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1) tahap perencanaan (plan) yang dilaksanakan dalam program kegiatan lesson study berdasarkan indikator penilaian sebanyak 16 item, jumlah nilai skor yang diperoleh sebanyak 39, rentang skor berada antara 32.01 – 48.00 maka tahap perencanaan (plan) yang dilaksanakan dikategorikan baik, 2) tahap pelaksanaan (do) yang dilaksanakan dalam program kegiatan lesson study berdasarkan indikator penilaian sebanyak 23 item, jumlah nilai skor yang diperoleh sebanyak 42, rentang skor berada antara 23.01 – 46.00 maka tahap pelaksanaan (do) yang dilaksanakan tersebut dikategorikan sedang, 3) tahap refleksi (see) yang dilaksanakan dalam program kegiatan lesson study berdasarkan indikator penilaian sebanyak 20 item, jumlah nilai skor yang diperoleh sebanyak 38, rentang skor berada antara 20.01 – 40.00 maka tahap refleksi (see) yang dilaksanakan dikategorikan sedang, 4) kendala yang dihadapi pada program kegiatan lesson study berbasis KKG Sekolah Dasar se-Kecamatan Barambai meliputi: (a) Kendala kondisi geografis, (b) guru yang ditunjuk menjadi guru model merasa terbebani, (c) keterbatasan waktu dalam pelaksanaan program kegiatan lesson study, (d) kurangnya partisipasi aktif guru dalam tiga tahapan program kegiatan lesson study, dan (e) tidak adanya keterlibatan langsung dari kepala sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, lesson study, Kelompok Kerja Guru (KKG)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2016 01:23
Last Modified: 29 Jan 2019 08:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31398

Actions (login required)

View Item View Item