Keefektifan Pembelajaran IPS Berbasis Penilaian Portofolio di MIN Cilacap

Muniriyanto, Muniriyanto (2012) Keefektifan Pembelajaran IPS Berbasis Penilaian Portofolio di MIN Cilacap. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muniriyanto-07712259024.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran IPS berbasis penilaian Portofolio yang dijabarkan dalam (1) menguji perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri yang menggunakan pembelajaran berbasis penilaian portofolio dan tidak menggunakan pembelajaran berbasis penilaian portofolio; dan (2) menguji perbedaan motivasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri menggunakan pembelajaran berbasis penilaian portofolio dan tidak menggunakan pembelajaran berbasis penilaian portofolio. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu. Desain penelitian ini adalah pretest-postest control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Pekuncen Kroya Cilacap dan siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Sidanegara Kedungreja Cilacap. Kelompok eksperimen adalah MIN Pekuncen Kroya kelas V (n = 24) dan kelompok kontrol MIN Sidanegara kedungreja kelas V (n = 25). Metode pengumpulan data menggunakan tes dan skala motivasi. Uji coba Instrumen dilakukan di MIN Jambusari Jeruklegi Cilacap yang dianggap memiliki karakteristik yang sama dengan subjek penelitian. Analisis data dilakukan dengan multivariate analysis of variance (MANOVA). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Hasil pembelajaran IPS berbasis penilaian portofolio lebih tinggi dibandingkan pembelajaran secara konvensional (F-test = 128.989 dengan p = 0.000 < 0,05), 2) Tidak ada perbedaan motivasi belajar siswa yang pembelajarannya berbasis penilaian portofolio dengan siswa yang pembelajarannya tidak berbasis penilaian portofolio, (F-test = 1,043 dengan p= 0,310 > 0.05). Dengan demikian berarti pembelajaran IPS berbasis penilaian portofolio dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa, tetapi belum dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPS, penilaian portofolio
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 20 Apr 2016 01:06
Last Modified: 23 Mar 2017 06:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31395

Actions (login required)

View Item View Item