Problematika Pada Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013 (Studi Kasus di SD Negeri Ungaran dan SD Negeri Serayu Kota Yogyakarta)

Kamiludin, Kamiludin (2016) Problematika Pada Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013 (Studi Kasus di SD Negeri Ungaran dan SD Negeri Serayu Kota Yogyakarta). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kamiludin-13712251063.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pelaksanaan penilaian pembelajaran, problem yang dihadapi guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran, dan langkah guru dalam menyiasati problem yang dihadapi dalam pelaksanaan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013 di SD Negeri Ungaran dan SD Negeri Serayu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus.Informan/Subjek penelitian dalam penelitian ini enam guru kelas IV yaitu tiga guru SD Negeri Ungaran dan tiga guru SD Negeri Serayu. Instrumen utama penelitian ini adalah human instrument. Human instrument dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri yang menetapkan fokus penelitian, memilih, dan memilah informan sumber data, mengumpulkan data, menilai kelayakan data, menganalisis, dan menafsirkan data serta membuat suatu kesimpulan penelitian. Sedangkan instrumen pendukung untuk mengumpulkan data penelitian menggunakan, pedoman wawancara, alat rekam, dan pedoman observasi. Tolok ukur keabsahan data diperoleh dengan peneliti langsung terjun ke lapangan untuk pengamatan, triangulasi, mengkonfirmasi data penelitian ke informan, dan mengaudit seluruh proses penelitian dari awal sampai akhir penelitian. Teknik analsis data menggunakan analisis interaktif Milles Huberment (pengumpulan data, reduksi, display, dan verifikasi/membuat kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013 yang dilakukan oleh beberapa guru belum sesuai standar. Dari enam guru yang menjadi informan dalam penelitian ini hanya satu guru yang berhasil melaksanakan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013sesuai standar yakni GS3,2) Problematika pelaksanaan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013meliputi; waktu, pemahaman guru, produktivitas guru, kepedulian guru dan mindset guru, 3) Bentuk siasat guru dalam mengatasi problem yaitu siasat kolektif dan individual

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran, dan Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Apr 2016 07:40
Last Modified: 09 May 2019 07:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31385

Actions (login required)

View Item View Item