Peningkatan Hasil Belajar IPS yang Komprehensif Melalui Penerapan Model Quantum Teaching di SD Negeri Golo, Kota Yogyakarta

Wau, Maria Patrisia (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPS yang Komprehensif Melalui Penerapan Model Quantum Teaching di SD Negeri Golo, Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maria-patrisia-wau-10712251018.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS yang komprehensif melalui penerapan model Quantum Teaching di kelas IV SD Negeri Golo, Kota Yogyakarta. Peneltian ini merupakan Classroom Action Research yang dilakukan dalam tiga siklus dengan materi pembelajaran perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi ranah afektif dan lembar observasi ranah psikomotorik. Tes hasil belajar dianalisis dengan menghitung rata-rata skor ulangan harian setiap siklus. Lembar observasi dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Jenis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan Model Quantum Teaching pada pembelajaran IPS. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Quantum Teaching dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SD Negeri Golo, Kota Yogyakarta pada ranah afektif, kognitif dan psikomotorik pada siklus I hingga siklus III. Peningkatan ranah kognitif pada siklus I, II dan III secara berturut-turut adalah 10,67%; 20%; dan 26,33%. Peningkatan aspek afektif berturut-turut dari siklus I ke siklus II adalah 40% dan dari siklus II ke siklus III 20%, dan peningkatan aspek psikomotorik berturut-turut dari siklus I ke siklus II adalah 3,3% dan dari siklus II ke siklus III adalah 26,7%. Dengan demikian penerapan Model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Golo, Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, IPS, quantum teaching
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 19 Apr 2016 07:36
Last Modified: 19 Apr 2016 07:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31384

Actions (login required)

View Item View Item