LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PPL PERIODE 10 AGUSTUS 2015 – 12 SEPTEMBER 2015 LOKASI SMA NEGERI 1 JETIS KERTAN SUMBERAGUNG JETIS BANTUL

Sumar Hadi Santoso, Sumar Hadi Santoso (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PPL PERIODE 10 AGUSTUS 2015 – 12 SEPTEMBER 2015 LOKASI SMA NEGERI 1 JETIS KERTAN SUMBERAGUNG JETIS BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER, HAL PNGESAHAN, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, ABSTRAK.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I-III.pdf

Download (549kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini merupakan kegiatan dalam rangka mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional, dan juga bertujuan untuk melatih mahasiswa menerapkan ilmu dan kemampuan yang dimiliki selama di bangku perkuliahan dengan menerapkannya langsung di lapangan sesuai dengan bidang keahliannya masing- masing. Pelaksanaan PPL secara terpadu diharapkan memberikan pengalaman belajar yang baik dan bermutu, memperluas wawasan, melatih da mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, da kemampuan dadlam memecahkan masalah. Selama program PPL berlangsung, mahasiswa praktikan melaksanakan seluruh program kerja PPL yang telah disusun sebelumnya. Dalam pelaksanaanya, mahasiswa selalu melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing lapangan dan juga dengan guru koordinator PPL yang ada di sekolah. Pelaksanaan program kerja PPL harus dilaksanakan seefektif mungkin agar seluruh program kerja dapat terselesaikan seluruhnya. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan setelah melakukan observasi dan mendapat surat tugas dari guru koordinator PPL di sekolah. Mahasiswa praktikan melaksanakan tugas PPL dengan mengajar kelas- kelas yang sudah ditentukan oleh guru pembimbing mata pelajaran yang bersangkutan. Selain melakukan praktik mengajar, mahasiswa praktikan juga melaksanakan kegiatan yang ada di sekolah, misalnya kegiatan upacara setiap hari senin, tugas piket sekolah dan membantu staf karyawan dalam melaksanakan tugasnya. Dalam kegiatan PPL, kegiatan yang dilakukan praktikan meliputi persiapan berupa penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), analisis KI KD, Program Semester (Prosem), Program Tahunan (Prota), analisis nilai ulangan harian, dan agenda mengajar,. Di dalam pelaksanaannya, praktikan sering melakukan konsultasi dengan guru pembimbing di sekolah dan dosen pembimbing dari jurusan mengenai pembuatan soal kuis, soal ulangan harian, soal remedial, soal pengayaan serta membuat analisis butir soal. Praktik mengajar dilaksanakan minimal 8 kali. Strategi, metode, serta materi dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) disesduaikan dengan kondisi siswa dan sekolah. Hal ini bertujuan agar pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu, dimaksudkan juga agar pembelajaran berjalan kontekstual, sesuai dengan penglaman dan kondisi siswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Apr 2016 04:00
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31349

Actions (login required)

View Item View Item