LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMP NEGERI 1 PIYUNGAN Jalan Wonosari km 14, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta 55792 10 Agustus – 12 September 2015

Restiana Wati, Restiana Wati (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMP NEGERI 1 PIYUNGAN Jalan Wonosari km 14, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta 55792 10 Agustus – 12 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RESTIANA WATI.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga pendidik. Kegiatan PPL ini merupakan mata kuliah 3 SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa S1 kependidikan. Kegiatan PPL memberikan pengalaman bagi mahasiswa kependidikan dalam melatih dan mengembangkan kompetensi yang telah dimiliki oleh mahasiswa. Melalui kegiatan PPL mahasiswa mendapatkan pengalaman dalam proses mengajar secara langsung di sekolah. PPL yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Piyungan beralamat di jalan Jogja Wonosari km 14, Srimulyo, Piyungan, Bantul. PPL berlangsung selama 5 minggu, yaitu sejak 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015. Kegiatan PPL mencakup praktik mengajar dan praktik manajemen administrasi sekolah yang diselenggarakan oleh pihak SMP Negeri 1 Piyungan. Dalam pelaksanaan praktik mengajar, mahasiswa PPL melaksanaakan praktik mengajar secara terbimbing dan mengajar secara mandiri. Selama kegiatan PPL, mahasiswa melaksanakan praktik mengajar di kelas VIII A, VIII B, VIII C, dan VIII D yang masing-masing kelas setiap minggunya berjumlah 6jam pelajaran sehingga dalam satu minggu mahasiswa melaksanakan praktik mengajar 24 jam pelajaran. Melalui kegiatan PPL ini, mahasiswa dapat merasakan pula secara langsung bagaimana menjadi seorang guru dan menghadapi kondisi dan situasi di kelas. Mahasiswa yang berhadapan langsung dengan siswa, dengan segala keberagaman dan problematikanya. Adapun hasil yang telah dicapai selama PPL, diantaranya mahasiswa memperoleh banyak pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan kegiatan manajemen di sekolah.Secara keseluruhan, kegiatan PPL di SMP Negeri 1 Piyungan berjalan dengan lancar. Kelancaran kegiatan PPL di SMP N 1 Piyungan ini karena adanya hubungan dan komunikasi yang baik antara mahasiswa dengan kepala sekolah SMP N 1 Piyungan, guru pembimbing, bapak/ibu guru, karyawan, dan siswa-siswi SMP N 1 Piyungan. Kegiatan PPL sangat memberikan manfaat besar bagi mahasiswa dalam pengaplikasian ilmu yang telah didapat selama menempuh pendidikan di universitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, UNY, SMP Negeri 1 Piyungan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Apr 2016 02:35
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31316

Actions (login required)

View Item View Item