Fajar, Prastya (2016) PENGEMBANGAN MODEL TES ESSAY BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR DI SMK N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.
|
Text
10518241003 Skripsi Fajar Prastya.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
PENGEMBANGAN MODEL TES ESSAY BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR DI SMK N 2 YOGYAKARTA Oleh Fajar Prastya NIM. 10518241003 ABSTRAK Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk memperoleh 1) butir soal tes essay yang valid dan reliabel untuk mata pelajaran elektronika dasar, 2) model software untuk pengujian tes essay yang tepat untuk mata pelajaran elektronika dasar, dan 3) hasil unjuk kerja software dalam pengembangan tes essay berbantuan komputer. Metode penelitian yang digunakan adalah 1) penelitian dan pengembangan (research and development) model waterfall mengacu pada Roger S. Presman (2001) untuk pengembangan software, sedangkan pembuatan butir tes essay menggunakan langkah-langkah yang dikemukakan oleh Saifuddin Azwar. Penelitian tahap I dimulai dengan pengembangan software tes essay berbantuan komputer dan pembuatan butir soal. Penelitian tahap II implementasi untuk menguji kinerja program. Responden penelitian yaitu 2 guru dan 30 siswa kelas X Teknik Audio Video SMK N 2 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan pengumpulan data meliputi: lembar penilaian untuk ahli perangkat lunak, angket untuk guru, angket untuk siswa dan soal tes essay. Responden siswa menggunakan software untuk diuji pencapaian kompetensi dengan tes. Validasi instrumen dilakukan oleh expert judgement dan reliabilitas intrumen dihitung dengan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan merupakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah 1) soal tes essay dinyatakan valid oleh expert judgement setelah dilakukan perbaikan sesuai rekomendasi dan reliabilitas soal tes essay adalah 0,84 (sangat reliabel); 2) model software tes essay yang tepat digunakan adalah model tes yang memiliki: halaman login, halaman cetak, halaman soal, halaman mata pelajaran, halaman user log, halaman history, halaman pengguna, halaman admin, halaman konfigurasi. Algoritma dalam proses koreksi adalah: levenshtein, n-gram dan jaccard., 3) unjuk kerja software berdasarkan angket guru diperoleh persentase skor 76,54% dengan kategori baik, sementara angket siswa diperoleh persentase skor 81,08% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil tes yang diberikan pada 30 responden diperoleh keakuratan hasil koreksi sebesar 96,67%. Kesalahan dalam proses koreksi ini disebabkan karena database kamus yang masih terbatas. Kata kunci: research and development, butir soal essay, tes essay berbantuan komputer.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 19 Apr 2016 02:04 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31307 |
Actions (login required)
View Item |