PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2015 Di TK ABA LEMAHBANG

Retno Andani, Retno Andani (2015) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2015 Di TK ABA LEMAHBANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Retno Andani_12111241031_PG PAUD.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta jurusan kependidikan adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang berbobot tiga SKS. Kegiatan PPL yang diselenggarakan oleh LPPM Universitas Negeri Yogyakarta khususnya untuk Program Studi PG PAUD tahun 2015 yaitu dimulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Pada kesempatan ini mahasiswa PG PAUD FIP UNY melaksanakan kegiatan PPL di Taman Kanak-Kanak (TK) Kecamatan Dlingo. Salah satu TK yang ditunjuk sebagai tempat PPL adalag TK ABA Lemahbang yang beralamat di Lemahbang, Mangunan, Dlingo, Bantul. Secara fisik bangunan TK ABA Lemahbang terdiri dari ruang kelas A, ruang kelas B, kantor guru, dan kamar mandi. Pelaksanaan PPL di TK ABA Lemahbang bertujuan agar mahasiswa mampu menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dan dipelajarinya selama di bangku kuliah sesuai dengan bidang keahliannya. Dengan demikian, mahasiswa dapat memiliki pengalaman teori dan praktik yang dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensinya di masa yang akan datang dalam kaitannya sebagai pendidik anak usia dini. Pelaksanaan PPL secara umum meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, penyusunan laporan, dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi pembekalan PPL, mikro teaching, real pupil, observasi, dan penyusunan program PPL. Tahap pelaksanaan meliputi penyusunan RKH, pembuatan media, praktik mengajar, dan evaluasi mengajar. Setelah pelaksanaan, peserta PPL wajib menyusun laporan yang kemudian akan dievaluasi oleh sekolah dan DPL PPL. Kegiatan PPL di Lemahbang yang dilakukan oleh mahasiswa dibagi menjadi dua bidang, yaitu bidang pengajaran dan bidang non pengajaran. Pada bidang pengajaran, mahasiswa mengampu kelas A dan kelas B sebagai guru utama dan guru pendamping. Dalam bidang non pengajaran, mahasiswa melaksanakan program yang berhubungan dengan administrasi sekolah maupun lingkungan sekolah. Secara keseluruhan program PPL di TK ABA Lemahbang berjalan dengan lancar. Komunikasi dan kerjasama antara mahasiswa, Dosen Pembimbing Lapangan, guru, dan orang tua peserta didik terjalin dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, TK ABA Lemahbang, Program Kerja PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Apr 2016 01:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31298

Actions (login required)

View Item View Item