Implementasi Pendidikan Karakter melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization pada Mata Kuliah Praktik Plumbing

Dr. Nuryadin Eko Raharjo, M.Pd., Dr. Nuryadin Eko Raharjo, M.Pd. (2015) Implementasi Pendidikan Karakter melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization pada Mata Kuliah Praktik Plumbing. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Abstrak Model Pendidik Karakter LPPMP.docx

Download (16kB)
[img] Text
Laporan Karakter LPPMP.docx

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari konsep pendidikan secara utuh. Dengan demikian dalam mata kuliah praktik plumbing juga diperlukan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh cara implementasi pendidikan karakter kepedulian, tanggung jawab, dan kerjasama yang sesuai melalui model pembelajaran team assisted individualization pada mata kuliah praktik plumbing. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelasyangbertempat di bengkel plumbing jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa peserta mata kuliah praktik plumbing pada semester ganjil 2015/2016. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian adalah implementasi pendidikan karakter kepedulian, tanggung jawab, dan kerjasama yang sesuai melalui model pembelajaran team assisted individualization pada mata kuliah praktik plumbing dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut: (a) dosen memberikan materi secara singkat, (b) dosen membentuk kelompok kecil yang heterogen tetapi harmonis berdasarkan kemampuan mahasiswa, setiap kelompok 4-5 mahasiswa, (c) dosen menugasi kelompok dengan tugas praktik yang sudah disiapkan dengan menciptakan lingkungan dimana keberhasilan individu ditentukan oleh keberhasilan kelompok, dengan menekankan pendidikan karakter,(d) perwakilan kelompok melaporkan keberhasilan kelompok atau hambatan yang dialami anggota kelompoknya, (e) dosen menetapkan kelompok terbaik sampai kelompok yang kurang berhasil berdasarkan hasil koreksi, da (f) dosen menyampaikan kesimpulan materi pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, Cooperative Learning, praktik plumbing.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Apr 2016 01:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31294

Actions (login required)

View Item View Item