PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Di TK ABA LEMAHBANG

Anik Kurniandari, Anik Kurniandari (2015) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Di TK ABA LEMAHBANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Anik Kurniandari_12111241001_PG PAUD.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan atau PPL adalah mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa di bidang kependidikan khususnya Di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan bobot 3 Sks. Mulai tahun ini praktik pengalaman lapangan di UNY diadakan secara terpadu dimana praktik pengalaman lapangan ini difokuskan pada sekolah-sekolah, hal ini diselenggarakan dengan tujuan agar pengalaman yang didapat oleh mahasiswa lebih banyak dan lebih fokus pada pengajarannya. PG-PAUD Di UNY termasuk dalam jurusan kependidikan dimana semua mahasiswanya wajib melaksanakan PPL. Untuk kesempatan kali ini PPL bagi mahasisiwa PG-PAUD difokuskan Di Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul. Kelompok PPL saya mendapat kesempatan untuk menimba ilmu Di TK ABA Lemahbang, Mangunan, Dlingo. PPL yang dilaksanakan Di TK ABA Lemahbang ini berlangsung kurang lebih lima minggu mulai tanggal 10 Agustus-12 September 2015. Dalam pelaksanaan PPL ini ada tiga tahapan yang wajb dilaksanakan oleh mahawsiswa dan juga ada pembekalah awal wajib untuk mahasiswa yang akan PPL dan dilaksanakan Di UNY. Tahapan yang harus dilalui yaitu observasi, pelaksanaan pengajaran, dan penyusunan laporan. Tahap observasi yaitu mahasiswa melakukan pengamatan di TK tempat PLL dengan melihat pembelajaran disekolah baik kelas A Maupun kelas B serta mengamati keadaan dan kondisi sekolah secara keseluruhan. Dari observasi yang dilakukan mahasiswa dapat membuat RPPH untuk melakukan pembelajaran disana. Setelah tahap observasi mahasiswa melakukan pengajaran dengan modal pengalaman yang telah didapat dikampus. Masuk tahap terakhir setelah selesai pengajaran mahasiswa diwajibkan menyusun laporan PLL yang berisi tentang apa yang didapat saat melaksanakn PPL di sekolah yang ditempati. PPL yang dilakukan oleh PG-PAUD ini memberikan kewajiban mahasiswa untuk minimal mengajar empat kali. Dengan pembagian mengajar sesuai kelas yang ada di sekolah yang menjadi tempat PPL mahasiswa. Dalam empat kali mengajar ini dua kali mengajar mandiri dan dua kali mengajar sebagai ujian. Pelaksanaan PPL Di TK ABA Lemahbang ini berjalan dengan lancar. Kelancaran pelaksanaan PPL ini berkat dukungan dari semua pihak yaitu baik dari pihak UNY, sekolah kerjasama, dan mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pengajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Apr 2016 01:24
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31283

Actions (login required)

View Item View Item