LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2015) Periode 10 Agustus 2015 – 12 September 2015 Nama Lokasi : TK ABA Lemahbang Alamat : Lemahbang, Mangunan, Dlingo, Bantul

Afiah Nuraeni, Afiah Nuraeni (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2015) Periode 10 Agustus 2015 – 12 September 2015 Nama Lokasi : TK ABA Lemahbang Alamat : Lemahbang, Mangunan, Dlingo, Bantul. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
Afiah Nuraeni_12111241041_PG.PAUD.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah berbobot tiga sks yang wajib ditempuh oleh mahasiswa dari setiap jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Mata kuliah ini juga bersifat wajib lulus. Pelaksanaan PPL bertujuan agar mahasiswa mampu menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dan dipelajari selama di bangku kuliah sesuai dengan bidang keahliannya. Dengan demikian, mahasiswa dapat memiliki pengalaman teori dan praktik yang dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensinya di masa yang akan datang. Pada tahun ini, PPL UNY jurusan PG.PAUD dipusatkan di kecamatan Dlingo. Salah satu sekolah yang ditunjuk sebagai tempat PPL adalah TK ABA Lemahbang. Pelaksanaan PPL berlangsung selama lebih kurang satu bulan yaitu mulai tanggal 10 Agustus-12 September 2015. Secara geografis, Taman Kanak-Kanak ABA Lemahbang terletak di wilayah kabupaten Bantul, tepatnya di Lemahbang, Mangunan, Dlingo, Bantul. Pelaksanaan PPL secara umum meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, penyusunan laporan, dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi pembekalan PPL, mikro teaching, real pupil, observasi, dan penyusunan program PPL. Tahap pelaksanaan meliputi penyusunan RKH, pembuatan media, praktik mengajar, dan evaluasi mengajar. Setelah pelaksanaan, peserta PPL wajib menyusun laporan yang kemudian akan dievaluasi oleh sekolah dan DPL PPL. Pada kegiatan PPL di TK ABA Lemahbang, mahasiswa diberi tanggung jawab untuk mengampu dua kelas, yaitu kelas A dan kelas B. Selama pelaksanaan PPL, mahasiswa telah melaksanakan praktik mengajar sebanyak empat kali pertemuan, dua kali mengajar terbimbing dan dua kali ujian. Secara umum, pelaksanaan PPL di TK ABA Lemahbang berjalan dengan lancar dan baik berkat kerja sama dan dukungan dari berbagai pihak, yaitu dosen pembimbing, kepala sekolah, guru pembimbing, peserta didik, serta orang tua/wali. Kegiatan ini selain terlaksana dengan baik juga menjadi inspirasi untuk pelaksanaan pembelajaran selanjutnya di TK ABA Lemahbang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, TK ABA Lemahbang, pengajaran, praktik pengalaman lapangan
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 19 Apr 2016 01:17
Last Modified: 19 Apr 2016 01:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31279

Actions (login required)

View Item View Item