LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI TAMAN KANAK-KANAK PKK 49 MANGUNAN MANGUNAN, DLINGO, BANTUL

Uswatun Khasanah Nurul Insani, Uswatun Khasanah Nurul Insani (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI TAMAN KANAK-KANAK PKK 49 MANGUNAN MANGUNAN, DLINGO, BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
9. PPL_Uswatun Hasanah Nurul I (12111244048).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan proses implementasi ilmu keguruan yang telah didapatkan dari bangku kuliah ke dalam kelas secara nyata. Mahasiswa praktikan dihadapkan langsung dengan lingkungan pendidikan Taman Kanak Kanak. Kegiatan PPL bertujuan untuk membentuk seorang calon pendidik yang profesional. Dimana dia harus mengetahui bagaimana proses mempersiapkan administrasi pendidik, cara mengajar yang baik, pendekatan pembelajaran yang baik, model pembelajaran yang baik, metode pembelajaran yang tepat, serta proses evaluasi dan analisis hasil yang baik. Kegiatan PPL dimulai dengan kegiatan persiapan yang meliputi: pengajaran mikro di kampus, pembekalan PPL, observasi kelas, koordinasi dengan pembimbing di TK dan kegiatan persiapan mengajar di kelas. Setelah semua persiapan selesai barulah kegiatan praktik bisa dilaksanakan. Dalam pelaksanaan praktik mengajar mahasiswa praktikan juga dtuntut untuk bisa melakukan evaluasi dan analisis hasil belajar siswa. Kurikulum yang digunakan untuk TK PKK 49 Mangunan adalah kurikulum 2010 dan menggunakan basis budaya. Proses pendekatan ini meliputi menggali informasi melalui pengamatan, bertanya dan percobaan. Kemudian proses berlanjut dengan mengolah data atau informasi, menyajikan data atau informasi. Dan proses diakhiri dengan menganalisis, menalar, dan menyimpulkan materi. Pada pembelajaran di TK PKK 49 Mangunan menggunakan pembelajaran klasikal. Sedangkan metode yang sering digunakan adalah penugasan, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, dan praktik langsung Proses pembelajaran berjalan sesuai perencanaan awal. Pendekatan, model serta metode pembelajaran dapat diterapkan dengan beberapa penyesuaian. Penggunaan metode pada saat pengajaran antara lain tanya jawab, penugasan, praktik langsung, demonstrasi dan diskusi. Dalam pembelajaran di TK PKK 49 Mangunan ini hasil yang dicapai adalah daya serap siswa rata-rata di TK PKK 49 Mangunan adalah 85% anak mengikuti pembelajaran dengan baik, 15% diantaranya masih ada anak-anak yang belum fokus, belum konsentrasi dan lain sebagainya yang membuat anak susah berkonsentrasi. Dari serangkaian kegiatan PPL tersebut mahasiswa praktikan diharapkan dapat mengetahui secara langsung bagaimana pendidik yang profesional sehingga dapat menjadi bekal mahisiswa kelak ketika menjadi pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, pendidik, profesional
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Apr 2016 01:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31276

Actions (login required)

View Item View Item