PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBANTUAN KOMPUTER TENTANG KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK SISWA SMA/ MA KELAS XI SEMESTER 1 BERDASARKAN KURIKULUM 2004 SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI

DIAN SRI, SUHESTI (2010) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBANTUAN KOMPUTER TENTANG KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK SISWA SMA/ MA KELAS XI SEMESTER 1 BERDASARKAN KURIKULUM 2004 SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI. S1 thesis, UNY.

[img] Text
PENGEMBANGAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_KIMIA_BERBANTUAN_KOMPUTER_TENTANG_KESETIMBANGAN_KIMIA_UNTUK_SISWA.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran kimia bernatuan komputer dalam bentuk CD untuk siswa SMA/MA kelas XI semester 1 dan mengetahui hasil kualitas dari media pembelajaran tersebut berdasarkan penilaian reviewer yaitu 5 orang guru SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan adalah model. prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan diikuti untuk menghasilkan produk. P-mengembangan dimulai dengan cara mengumpulkan referensi tentang kesetimbangan kimia, dilanjutkan dengan penyusunan naskah/rancangan media pembelajaran kimia, dan pembuatan CD media pembelaja,ran kimia. CD rnea-ia pembelajaran kimia yang teiah dibuat kemmdi,tn dikonsultasikan kepada dosen pembimbing, ahli media , dan peer review. Masukan yang diberikan selanjutnya menjadi revisi CD media pembelajaran kimia bagi peneliti. Langkah berikutnya adalah menilaikan CD media pembelajaran kimia kepada reviewer (5 orang guru kimia) dengan kriteria penilaian yang telah ditentukan. CD media pembelajaran kimia yang telah dinilaikan diharapkan layak dijadikan siswa sebagai media pembelajaran mandiri. Penelitian ini telah berhasil mcngembangkan CD pembelajaran kimia tentang kesetimbangan kimia dan telah diketahui kualitasnya. Hasil penilaian rerata skor total CD media pembelajaran tentang kesetimbangan kimia pada materi pokok tetapan kesetimbangan adalah 182,4; pada materi pokok faktor¬faktor yang mempengaruhi kesetimbangan adalah 183,0; dan pada materi pokok hubungan kuantitatif antara pereaksi dan hasil reaksi adalah 182,6, sehingga CD media pembelajaran kimia tentang kesetimbangan kimia yang dihasilkan termasuk kategori kualitas sangat baik (SB).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 23:58
Last Modified: 07 Aug 2012 23:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3124

Actions (login required)

View Item View Item