SIMBOL WUJUD SYUKUR YANG TERKANDUNG DALAM TRADISI BERSIH DESA DI SENDANG KALISONG, GUNUNG NGLANGGERAN, PATUK, GUNUNGKIDUL

Fariyasari, Erna (2012) SIMBOL WUJUD SYUKUR YANG TERKANDUNG DALAM TRADISI BERSIH DESA DI SENDANG KALISONG, GUNUNG NGLANGGERAN, PATUK, GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Erna Fariyasari 07205244096.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang upacara tradisi bersih desa di Sendang Kalisong. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan asal-usul tradisi bersih desa, prosesi tradisi bersih desa, simbol sikap hidup syukur yang terkandung dalam tradisi bersih desa, serta fungsi upacara tradisi bersih desa bagi masyarakat pendukungnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Setting penelitian dilaksanakan di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan observasi berpartisipasi, wawancara mendalam dengan sesepuh, pinisepuh, juru kunci, dan warga Desa Nglanggeran yang terlibat serta memiliki informasi tentang tradisi bersih desa di Sendang Kalisong, Gunung Nglanggeran. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri menggunakan alat bantu perekam, catatan lapangan, catatan wawancara, handycam, dan alat tulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis induktif. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini mendeskripsikan mendeskripsikan asal-usul pemberian nama Desa Nglanggeran, rangkaian prosesi tradisi bersih desa, simbol sikap hidup syukur yang terkandung dalam tradisi bersih desa, serta fungsi upacara tradisi bersih desa bagi masyarakat pendukungnya. Rangkaian prosesi meliputi (a) persiapan, yaitu musyawarah desa, pembersihan makam Gedhe, mendirikan tenda dan pembuatan gunungan, (b) pelaksanaan, meliputi pelaksanaan kirab gunungan dari padukuhan masing-masing, arak-arakan kirab gunungan menuju Pendapa Sendang Kalisong, acara inti di Lapangan Karang, kenduren rasulan, serta ledhek/ tayuban sebagai puncak acara. Fungsi yang terdapat dalam tradisi bersih desa di Sendang Kalisong, Gunung Nglanggeran, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, meliputi fungsi spiritual, fungsi sosial, fungsi ekonomi, dan fungsi wisata.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sikap hidup syukur, tradisi bersih desa, Sendang Kalisong
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jawa
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:03
Last Modified: 18 Apr 2016 07:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31228

Actions (login required)

View Item View Item