LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI TK PKK 51 TERONG

Bayu Ari Rohmiyatun, Bayu Ari Rohmiyatun (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI TK PKK 51 TERONG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
laporan ppl bayu 12111244008.pdf

Download (642kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa yang menempuh program studi kependidikan. Kegiatan tersebut dimaksudkan agar mahasiswa sebagai calon guru dapat mengembangkan kemampuannya dalam pembelajaran dimulai dari menyusun rencana pembelajaran, membuat media pembelajaran, mengembangkan alat evaluasi, dan melaksanakan proses pembelajaran itu sendiri, serta mengembangkan seluruh kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan selama 1 bulan, yaitu mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Program PPL dibagi menjadi dua yaitu program pengajaran dan program nonpengajaran. Program pengajaran meliputi program mengajar terbimbing, program mengajar mandiri, dan program mengajar menjadi guru pendamping. Untuk melaksanakan program pengajaran tersebut, mahasiswa harus melaksanakan beberapa tahap yaitu: penyususnan RKH, konsultasi RKH, pembuatan media pembelajaran, pembuatan instrumen, mengajar di kelas, evaluasi pembelajaran, dan menganalisis hasil pembelajaran. Media yang akan digunakan dibuat dalam ukuran besar (contoh) agar dapat dilihat oleh seluruh siswa dengan baik. Seluruh media dibuat semenarik mungkin agar anak tertarik untuk belajar. Kegiatan yang akan dilakukan anak juga harus dibuat berbeda agar anak tidak mudah jenuh dalam proses pembelajaran. Program nonpengajaran yang dilaksanakan adalah pelatihan dan pengembangan media pembelajaran, lomba HUTRI ke-70, pelatihan gerak dan lagu, administrasi kelas, menghias kelas, dan pentas perspisahan. Dalam kegitan pembelajaran mahasiswa dipantau secara langsung oleh guru kelas dan mendapatkan bimbingan bila diperlukan. Evaluasi yang diberikan oleh tiap guru pun meningkatkan kompetensi mahasiswa baik dalam persiapan, mengajar, maupun penilaian terhadap peserta didik. Seluruh rangkaian kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik karena dukungan dan bimbingan serta kerjasama yang baik antara mahasiswa dan sekolah

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, TK PKK 51 Terong, program PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Apr 2016 04:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31200

Actions (login required)

View Item View Item