LAPORAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS 2014/2015 SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN Glondong, Wirokerten, Banguntapan, Bantul

ADE ARIFIANTO, ADE ARIFIANTO (2015) LAPORAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS 2014/2015 SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN Glondong, Wirokerten, Banguntapan, Bantul. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
ADE ARIFIANTO.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

PPLUNY Semester Khusus Tahun 2015 dilaksanakan mulai tanggal 10Agustus sampai dengan tanggal 12 September 2015. Melui Program Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa dari jurusan kependidikan akan memiliki pengalaman langsung dalam menjalankan tugasnya sebagai guru. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam menerapkan metode pembelajaran dalam menyampaikan materi pembelajaran serta melatih kemampuan mahasiswa dalam menguasai dan mengkondisikan siswa di dalam kelas. Kegiatan dilaksanaan dilaksanakan di SMA Negeri 2 Banguntapan yang beralamat di Dusun Glondong, Desa Wirokerten, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.Setelah mengetahui lokasi penempatan PPL, Mahasiswa melakukan kegiatan observasi untuk menjalin interaksi dengan pihak sekolah dan untuk mendapatkan gambaran mengenai kondisi sekolah serta kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan sebelumnya, mahasiswa akan membuat rancangan kegiatan yang akan dijalankan selama krun waktu satu bulan pelaksanaan PPL. Dari kegiatan observasi itu pula, Mahasiswa dapat membuat rencana pembelajaran dengan menerapkan metode tertentu sehingga materi yang disampaikan mudah diterima oleh siswa dan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan menyenangkan. Seminggu sebelum penerjunan, Mahasiswa kembali ke sekolah untuk melakukan konfirmasi dengan Guru Pamong masing-masing dan mendapatkan kesepakatan mengenai kelas yang akan menjadi tempat praktek mengajar dan jadwal pembelajaran di kelas tersebut. Berdasarkan observasi dan kesepakatan dengan guru pamong maka Mahasiswa mendapat tugas untuk mengajar di kelas X yang terdiri dari 8 kelas,dengan target materidariHakikatdanruanglingkupsejarah yang didalamnyaterdapatpengertiansampaidenganmanfaat sejarah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, observasi, dan pembelajaran
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:52
Last Modified: 18 Apr 2016 07:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31198

Actions (login required)

View Item View Item