LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015 LOKASI SMP N 3 SEWON

Febha Hageng Retyantra, Febha Hageng Retyantra (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015 LOKASI SMP N 3 SEWON. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Febha Full.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Kegiatan PPL merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu yang bersifat teoretis yang diterima di perkuliahan. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut dan sekaligus mencari ilmu yang bersifat faktual, ilmu yang tidak didapat dibangku kuliah namun didapat secara langsung melalui praktek mengajar. Kegiatan PPL bertujuan untuk mendapat pengalaman langsung dari kegiatan mengajar di sekolah dan dapat menghadapi masalah yang ditemui serta menemukan solusinya agar lebih mudah mengatasinya apabila menemukan masalah yang sama di kemudian hari SMP N 3 Sewon berlokasi di Jl. Bantul Km 6,7 Dusun Kuliputih, Pendowoharjo, Sewon, Bantul merupakan salah satu sekolah yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bantul. Program PPL di SMP N 3 Sewon dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 4 kali pertemuan sesuai dengan ketentuan dari LPPMP, namun praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 5 kali untuk 4 kelas. yaitu kelas IX A, IX B, IX C dan IX D. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, genre based approach, CTL, PPP ditambah dengan diskusi, tanya jawab ,permodelan dan presentasi. Kegiatan inti menggunakan metode yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran dan melakukan proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, salah satunya adalah alat presentasi powerpoint. Terdapat beberapa kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern, di antaranya dalam pengelolaan kelas misalnya peserta didik sangat aktif dan antusias dalam pelajaran sehingga segera melakukan praktik tanpa memperhatikan petunjuk dari guru. Namun, hal ini merupakan suatu kenyataan bahwa anak usia SMP memang dalam perkembangan seperti itu, dan hal ini merupakan suatu proses untuk menuju yang lebih baik. Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa, tetapi juga transfer of value. Keberadaan mahasiswa PPL UNY diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktek mengajar, transfer of value
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Apr 2016 03:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31183

Actions (login required)

View Item View Item