Okky Dwi, Cahyandari (2016) HUBUNGAN LINGKUNGAN DENGAN KARAKTER SISWA SMK NEGERI KELOMPOK TEKNOLOGI SE-KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Okky Dwi Cahyandari085052421019.PDF Download (16MB) | Preview |
Abstract
HUBUNGAN LINGKUNGAN DENGAN KARAKTER SISWA SMK NEGERI KELOMPOK TEKNOLOGI SE-KOTA YOGYAKARTA Oleh : Okky Dwi Cahyandari NIM. 08505241019 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kondisi karakter siswa, lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat siswa SMK Negeri kelompok teknologi di kota Yogyakarta; (2) hubungan antara lingkungan sekolah (X1), lingkungan keluarga (X2), dan lingkungan masyarakat (X3) dengan karakter siswa SMK (Y) Negeri kelompok teknologi di kota Yogyakarta. Populasi penelitian ini SMK Negeri kelompok teknologi di kota Yogyakarta, SMK Negeri yang dijadikan objek penelitian ialah SMKN 2 Yogyakarta dan SMKN 3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 337 siswa, penentuan jumlah sampel ditentukan berdasarkan pada tabel Krejcie-Morgan dengan mengambil tingkat kesalahan (α) sebesar 5%. Untuk menentukan jumlah sampel kelas X dan XI dalam penelitian ini dipilih dengan teknik stratified proportional random sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi parsial dan analisis regresi dengan metode stepwise yang terdapat dalam program bantu Statistic Package for Sosial Science (SPSS) versi 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dengan karakter siswa SMKN kelompok teknologi se-Kota Yogyakarta (p < 0,05; Ry(x1,x2)-x3 = 0,175 dan Ry(x1,x3)-x2 = 0,216), (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan karakter siswa SMKN kelompok teknologi se-Kota Yogyakarta (p < 0,05; Ry(x1,x2)-x3 = 0,175 dan Ry(x2,x3)-x1 = 0,225), (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan masyarakat dengan karakter siswa SMK Negeri kelompok teknologi se-Kota Yogyakarta (p < 0,05; Ry(x1,x3)-x2 = 0,216 dan Ry(x2,x3)-x1 = 0,225), (4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat dengan karakter siswa SMK Negeri kelompok teknologi se-Kota Yogyakarta (p < 0,05 dan Rx1,x2,x3-y = 0,543). Sumbangan determinan variabel bebas terhadap variabel terikatnya adalah D1 = 18,1%; D2 = 21,8%; D3 = 19,5%; dan D1,2,3 = 29,5%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 18 Apr 2016 03:16 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:21 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31169 |
Actions (login required)
View Item |