Keefektifan Pembelajaran Menggunakan Media CD Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SD Negeri Lempuyangan Yogyakarta 2011

Santoso, Aan Budi (2012) Keefektifan Pembelajaran Menggunakan Media CD Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SD Negeri Lempuyangan Yogyakarta 2011. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-aan-budi-santoso-09712251010.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keefektifan pembelajaran menggunakan media CD pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, (2) mengetahui keefektifan pembelajaran menggunakan media CD pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas V SD Negeri yang berada di kawasan Lempuyangan yang berjumlah 274 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Lempuyangan yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan Pretest-Posttest Control-Group Design. Sebelum memberikan perlakuan kepada masing-masing kelompok, pretes diberikan untuk melihat tingkat kondisi subjek yang berkenaan dengan variabel terikat. Setelah didapat data awal kemudian diberikan perlakuan kepada subjek penelitian, setelah perlakuan diberikan dilakukan post-test dengan soal yang sama untuk mengetahui tingkat keefektifan masing-masing perlakuan, yang terakhir adalah membandingkan hasil post-test perlakuan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Berdasarkan desain penelitian maka analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis varians (ANAVA). Teknik analisis varians mensyaratkan sebaran data berdistribusi normal dan variabel homogen. Dasar pemikiran teknik ANAVA adalah untuk mengetahui perbedaan variansi total semua subjek. Berdasarkan data hasil penelitian motivasi belajar menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau < 0,05 yang berarti bahwa: pembelajaran IPS menggunakan media CD pembelajaran lebih efektif meningkatkan motivasi daripada pembelajaran yang menggunakan media konvensional. Motivasi belajar mengalami peningkatan ditunjukkan dari perhatian siswa selama pembelajaran sangat baik, siswa mengetahui apa yang harus dipelajari, percaya mampu menyelesaikan pembelajaran dengan tuntas, dan senang dengan media yang digunakan. Berdasarkan data penelitian hasil belajar menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,018 atau < 0,05 yang berarti bahwa: pembelajaran IPS menggunakan media CD pembelajaran le bih efektif meningkatkan hasil belajar daripada pembelajaran yang menggunakan media konvensional. Hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata sebesar 89,42 dan sebanyak 91,43% siswa mampu memenuhi KKM.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keefektifan pembelajaran, media CD pembelajaran, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 18 Apr 2016 02:38
Last Modified: 18 Apr 2016 02:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31153

Actions (login required)

View Item View Item