Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Arab untuk Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Suryani, Lili (2013) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Arab untuk Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lili-suryani-10707251013.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan multimedia pembelajaran bahasa Arab yang layak sebagai multimedia yang sesuai dengan tema dan fokus yang dibahas dalam pembelajaran bahasa Arab, 2) mengetahui kefektifan penggunaan multimedia hasil pengembangan dalam proses pembelajaran yang diwujudkan dalam skor tes hasil belajar. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester I prodi Pendidikan Bahasa Arab fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Subjek uji coba ini terdiri atas 3 orang untuk uji coba satu-satu, 10 orang untuk uji coba kelompok kecil dan 20 orang untuk uji coba lapangan. Untuk uji validitas multimedia dilakukan oleh 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media. Sedangkan untuk responden kegiatan pembelajaran pada uji keefektifan multimedia hasil pengembangan berjumlah 29 orang. Instrumen pengumpulan data berupa angket untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan dan untuk mengetahui keefektifan penggunaan multimedia dilaksanakan pembelajaran menggunakan multimedia hasil pengembangan dan tes hasil belajar untuk mengukur ketuntasan belajar pada mata kuliah bahasa Arab yang diwujudkan dalam skor tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan: 1) multimedia pembelajaran bahasa Arab yang layak untuk mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berrbentuk CD pembelajaran dilengkapi manual book dengan materi “حياتنا اليومية” (kehidupan sehari-hari) dan pokok materi جسم الإنسان (tubuh manusia), الأيام و الشهور(hari-hari dan bulan), الجهات (arah mata angin), المواصلات، (alat transportasi) dan العدد (hitungan). Kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi dengan hasil “sangat baik” (4,45 dan 4,5), validasi ahli media dengan hasil “sangat baik” (4,34 dan 4,95), uji coba satu-satu dengan hasil “sangat baik” (4,3 ), uji coba kelompok kecil dengan hasil “baik” (4,1), dan uji coba lapangan dengan hasil “baik” (4,23), 2) multimedia yang efektif berdasarkan hasil uji keefektifan penggunaan multimedia hasil pengembangan diperoleh rerata sebesar 64,5 saat pre-test sedangkan hasil belajar mahasiswa pada saat post-test diperoleh rata-rata 87,9 sehingga diperoleh gain score 23,4 poin. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut maka multimedia pembelajaran bahasa Arab hasil pengembangan dalam penelitian ini layak dan efektif serta dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia, bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa Asing
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2016 23:43
Last Modified: 29 Jan 2019 08:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31113

Actions (login required)

View Item View Item