LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN

Anggraini Lufi Hakim, Anggraini Lufi Hakim (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ANGGRAINI LUFI HAKIM_12406244025_FIS_PEND SEJARAH_.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah program yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik/ tenaga kependidikan. Program ini merupakan mata kuliah 3 SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa S-1 kependidikan, termasuk Universitas Negeri Yogyakarta. Melalui kegiatan ini, mahasiswa diharapkan dapat menggali pengalaman dalam rangka meningkatkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial, sesuai dengan profesi yang akan dijalaninya nanti sebagai seorang pendidik. PPL yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Piyungan yang berlokasi di Karanggayam, Sitimulyo, Piyungan, Bantul berlangsung selama kurang lebih 5 minggu, yaitu sejak tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan ini berupa praktik mengajar terbimbing yang diselenggarakan oleh pihak SMA Negeri 1 Piyungan. Praktik mengajar dimulai sejak tanggal 10 Agustus 2015 dan dilakukan di kelas dengan jumlah mengajar minimal 6 kali pertemuan. Total mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang menjalani PPL di SMA Negeri 1 Piyungan adalah sebanyak 24 anak dan berasal dari 12 prodi yang berbeda dengan 2 mahasiswa dari setiap prodi. Pembagian jam mengajar masingmasing prodi disesuaikan oleh guru pembimbing masing-masing. Sedangkan untuk Pendidikan Sejarah sendiri mengampu kelas X dengan masing-masing mahasiswa mengampu 3 kelas. Dari 3 kelas yang diampu tersebut, masing-masing mendapat jam mengajar yang sama yaitu 11 jam pertemuan. Materi dimulai dari KD 1. 2 tentang tradisi masyrkat Indonesia pada masa pra aksara dan masa aksara. Materi diselesaikan selama 3 pertemuan dan dilanjutkan dengan ulangan harian. Adapun hasil yang dicapai selama PPL, mahasiswa memperoleh pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan kegiatan manajerial di sekolah. Praktik mengajar yang dilaksanakan dapat berjalan lancar walaupun terdapat kendala pada awalnya. Kendala-kendala ini dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan guru pembimbing dan terus memperbaiki diri selama proses pembelajaran. Dengan adanya PPL, mahasiswa dapat merasakan secara langsung bagaimana menjadi guru dan menghadapi berbagai kondisi dan situasi yang ada di kelas. Mahasiswa juga berhadapan langsung dengan siswa dengan segala keragaman dan problematika yang dihadapinya. Dapat dikatakan, proses PPL mahasiswa di SMA Negeri 1 Piyungan berjalan dengan lancar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Apr 2016 03:31
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31080

Actions (login required)

View Item View Item