ANALISIS PENGEMBANGAN SITUS CROWDFUNDING SEBAGAI MEDIA PENGHUBUNG ALUMNI DAN CIVITAS AKADEMIKA DI LINGKUNGAN JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (UNY)

Abdul, Rachman Pambudi (2016) ANALISIS PENGEMBANGAN SITUS CROWDFUNDING SEBAGAI MEDIA PENGHUBUNG ALUMNI DAN CIVITAS AKADEMIKA DI LINGKUNGAN JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (UNY). S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Abdul Rachman P 10520244011.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ANALISIS PENGEMBANGAN SITUS CROWDFUNDING SEBAGAI MEDIA PENGHUBUNG ALUMNI DAN CIVITAS AKADEMIKA DI LINGKUNGAN JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (UNY) Oleh: Abdul Rachman Pambudi NIM 10520244011 ABSTRAK Crowdfunding menjadi alternatif penggalangan dana yang semakin diminati masyarakat. Pengimplementasian website crowdfunding di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika (PTE) UNY dapat dijadikan sebagai alternatif penggalangan sumber pendanaan penelitiaan mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengembangkan website corwdfunding sebagai wadah donasi alumni terhadap penelitian mahasiswa PTE UNY, dan (2) mengetahui kualitas website crowdfunding berdasarkan standar kualitas perangkat lunak ISO 9126. Penelitian dilakukan dengan metode Research and Development (R&D). Website dikembangkan berdasarkan model pengembangan software Waterfall. Pengujian perangkat lunak berdasarkan enam karakteristik ISO 9126. Pengujian functionality menggunakan test case yang diuji oleh tiga ahli rekayasa perangkat lunak dan security website diuji dengan tool Acunetix. Pengujian reliability dilakukan dengan tool Load Impact dan WAPT 8.1. Pengujian usability menggunakan kuisioner usability USE yang diujikan kepada 29 responden mahasiswa dan alumni PTE UNY. Pengujian efficiency menggunakan tool Gtmetrik dengan standar ukur Yahoo Yslow dan Google Page Speed. Pengujian maintainability dilakukan dengan menghitung faktor Maintainability Idex (MI). Sedangkan pengujian portability dilakukan pada lima jenis browser. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) functionality website mendapat nilai 1 (Baik) dan telah memenuhi standar keamanan website, (2) reliability website mendapatkan nilai 1 (Baik) dari dua tool instrumen penguji, (3) usabillity mendapat prosentasi persetujuan sebesar 79% (Tinggi) dari responden dengan nilai internal konsistensi Alpha-Cronchbach 0,945 (Excellent), (4) effciency untuk semua halaman website mendapat grade A dari standar YSlow dan Page Speed dengan waktu respon maksimal selama 2 detik (dibawah toleransi maksimal selama 10 detik), (5) maintainbaility ketiga modul program berada pada tingkat medium dan tinggi (mudah diperbaiki), (6) Website dapat kompatibel dengan lima jenis browser(Portabel). Kata kunci: Crowdfunding, website, kualitas perangkat lunak, ISO 9126

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT UNY
Date Deposited: 15 Apr 2016 03:10
Last Modified: 15 Apr 2016 03:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31068

Actions (login required)

View Item View Item