PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA STANDAR KOMPETENSI PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA UNTUK SISWA KELAS X SMK HAMONG PUTERA II PAKEM

Lisa, Novitasari (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA STANDAR KOMPETENSI PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA UNTUK SISWA KELAS X SMK HAMONG PUTERA II PAKEM. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
10518241038_Lisa Novitasari_PT Mekatronika.pdf

Download (448MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA STANDAR KOMPETENSI PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA UNTUK SISWA KELAS X SMK HAMONG PUTERA II PAKEM Oleh: Lisa Novitasari NIM 10518241038 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran berbasis pendidikan karakter pada Standar Kompetensi Pengukuran Komponen Elektronika di SMK Hamong Putera II Pakem, dan (2) menguji kelayakan modul pembelajaran berbasis pendidikan karakter pada Standar Kompetensi Pengukuran Komponen Elektronika di SMK Hamong Putera II Pakem. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang diadaptasi oleh Anik Ghufron. Prosedur pengembangan memuat empat tahapan, yaitu tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, tahap uji lapangan, dan tahap diseminasi. Alat pengumpul data yang digunakan berupa angket skala empat. Penilaian modul dilakukan oleh dua ahli materi, dua ahli media, sembilan siswa kelas XI SMK Hamong Putera II Pakem, dan dua puluh siswa kelas X SMK Hamong Putera II Pakem. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini berupa Modul Pembelajaran Pengukuran Komponen Elektronika Berbasis Pendidikan Karakter. Hasil penilaian dari aspek materi mendapatkan rerata skor sebesar 3,21 (persentase kualitas 80,25%) termasuk kategori layak. Hasil penilaian dari aspek media mendapatkan rerata skor sebesar 3,34 (persentase kualitas 83,50%) termasuk kategori sangat layak. Hasil penilaian dari aspek keterbacaan mendapatkan rerata skor sebesar 3,35 (persentase kualitas 83,75%) termasuk kategori sangat layak. Hasil penilaian dari aspek proses pembelajaran mendapatkan rerata skor sebesar 3,38 (persentase kualitas 84,50%) termasuk kategori sangat layak. Kata kunci: komponen elektronika, modul pembelajaran, pendidikan karakter, pengembangan, pengukuran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Apr 2016 03:02
Last Modified: 30 Jan 2019 07:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31064

Actions (login required)

View Item View Item