LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN 2015 TK ABA SEMUTEN, JATIMULYO, DLINGO, BANTUL

HANDAYANI TRI REZEKI, HANDAYANI TRI REZEKI (2015) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN 2015 TK ABA SEMUTEN, JATIMULYO, DLINGO, BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HANDAYANI TRI REZEKI 12111241015.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Program Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai salah satu program wajib bagi mahasiswa UNY program studi pendidikan berbobot 3 SKS. Program Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan, serta profesionalitas mahasiswa sebagai seorang calon pendidik yang dituntut harus memiliki empat kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi personal, dan kompetensi sosial. Universitas mengadakan kegiatan ini dengan maksud menyiapkan mahasiswimahasiswinya untuk menjadi calon pendidik, disini khususnya adalah calon pendidik anak usia dini. Kegiatan PPL ini dilakukan selama satu bulan, terhitung mulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015 yang berlokasi di TK ABA Semuten, Jatimulyo, Dlingo, Bantul. Sebelum pelaksanaan kegiatan PPL, terlebih dahulu mahasiswi melaksanakan micro teaching dan real pupil,dan pembekalan PPL yang dimaksudkan agar mahasiswi lebih siap saat kegiatan PPL berlangsung.Program kegiatan dan rancangan kegiatan PPL 2015 terdiri dari dua program, yaitu program yaitu program pengajaran dan program non pengajaran.Program pengajaran pengajaran terbimbing 3 kali dan ujian PPL 2 kali. Program non pengajaran meliputi upacara hut RI, ekstrakurikuler baca tulis al-qur’an dan ekstrakurikuler calistung. Banyak hal yang dipersiapakan pada kegiatan pembelajaran di kelas, hal yang perlu diperhatikan mulai dari kegiatan perencanaan, pembuatan RKH (rencana kegiatan harian), pembuatan media dan alat peraga, pelaksaan, sampai pada proses evaluasi pembelajaran. Karenaanak-anak belajar dari hal yang konkrit dalam belajar maka harus menyiapkan media yang sesuai dengan kriteria, seperti harus membawa benda-benda sebenarnya karena anak berada pada tahap operasional konkrit, atau jika tidak memungkinkan maka gambar atau tiruannya yang memiliki ukuran tidak terlalu kecil supaya anak bisa melihat dan memahami dengan jelas. Dari hal-hal kecil dan sederhana stimulasi perlu diperhatikan jika menjadi seorang guru demi dapat mendidik anak-anak sehingga mencapai tumbuh kembang optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY, TK ABA Semuten
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Apr 2016 05:41
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30993

Actions (login required)

View Item View Item