PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN APERSEPSI (BPA) KIMIA SMA/MA BERBASIS KOMPETENSI UNTUK KELAS X SEMESTER 1

Dhian Arif , Febrianto (2010) PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN APERSEPSI (BPA) KIMIA SMA/MA BERBASIS KOMPETENSI UNTUK KELAS X SEMESTER 1. S1 thesis, UNY.

[img] Text
PENGEMBANGAN_BUKU_PEDOMAN_APERSEPSI.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengernbangan pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangan Buku Pedoman Apersepsi (BPA) Kimia SMA/MA berbasis kompetensi untuk kelas x semester I dengan kriteria tertentu, kemudian menilai kualitas BPA tersebut berdasarkan penilaian 5 guru kimia sebagai reviewer. Penelitian ini merupakan penelitian dengan model prosedural yang berupa pengembangan buku pedoman apersepsi (BPA) kimia SMA/MA berbasis kompetensi untuk kelas X semester I. BPA dikembangkan berdasarkan prosedur pengembangan tentang buku ajar yang mengadaptasi dari prosedur pengembangan buku ajar Badan Standar Nasional 1'endidikan (BSNP). Pengembangan BPA meliputi seluruh materi pembelajaran kimia SMA/MA kelas X semester l. Kualitas BPA didasarkan kepada masukan dari 2 dosen pembimbing, 3 peer review, dan seorang dosen ahli media. Penilaian kualitas PBA dilakukan oleh 5 orang guru kimia SMA/MA Yogyakarta. [nstrumen penilaian kualitas PBA berupa angket yang berisi komponen-komponen yang berisi 30 butir kriteria yang merupakan penjabaran 13 subkomponen penilaian yang ditetapkan. Hasil penelitian ini adalah buku pedoman apersepsi kimia SMA/MA berbasis kompetensi untuk Was X semester I. Skor rata-rata penilaian keseluruhan untuk BPA Kimia yang dikembangkan adalah 124 atau 82,67 % dengan kategori kualitas sangat balk (SB), sehingga BPA Kimia diharapkan layak digunakan sebagai huku pedoman guru untuk pembelajaran kimia SMA/MA kelas X semester 1.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 23:58
Last Modified: 29 Jan 2019 15:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3099

Actions (login required)

View Item View Item