LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL )

Surya, Dhimas Adhitya (2015) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL SURYA DHIMAS ADITYA (12601241084).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kegiatan praktik pengalaman lapangan merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di kampus dan berusaha mengembangkan inovasi pembelajaran mahasiswa di lokasi PPL. Kegiatan praktik pengalaman lapangan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran dan praktik persekolahan. Adapun tujuan dari praktik pengalaman lapangan ini diantaranya untuk melatih para mahasiswa calon guru sehingga bisa menjadi guru yang profesional di bidangnya. Kegiatan praktik pengalaman lapangan yang dilakukan di SMA N 2 Bantul meliputi kegiatan praktik pembelajaran di kelas dan praktik kegiatan nonmengajar. Kegiatan praktik pembelajaran merupakan segala kegiatan yang dilakukan mahasiswa praktikan sebagai pengajar di kelas. Kegiatan praktik pembelajaran di kelas bertujuan agar mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman mengajar. Pada kesempatan ini praktikan mengajar mata pelajaran Penjas Orkesi kelas XII tahun pelajaran 2015/2016. Sementara kegiatan praktik non-mengajar merpakan segala kegiatan guru di sekolah diluar kegiatan mengajar. Kegiatan ini meliputi, piket guru, Perpustakaan, dan pembinaan ekstrakurikuler. Selama melaksanakan praktik mengajar di SMA N 2 Bantul terdapat pula hambatan dalam kaitannya dengan praktik mengajar, mulai dari hambatan persiapan administrasi, hambatan sarana dan prasarana, serta hambatan dari siswa. Dari berbagai hambatan yang ada mahasiswa praktikan dapat belajar bagaimana menghadapi realitas keadaan sekolah dan memicu ide-ide kreatif untuk meminimalisir hambatan. Disamping hambatan yang ada, secara keseluruhan kegiatan ppl di SMA N 2 Bantul berlangsung dengan lancar berkat dukungan sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai, serta lingkungan sekolah yang kondusif dan nyaman, dan juga input siswa yang baik sehingga memudahkan terlaksananya pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Apr 2016 07:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30922

Actions (login required)

View Item View Item