Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLP-BK) di Kelurahan Karangwaru Kota Yogyakarta

Widianto, Hardian Wahyu (2016) Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLP-BK) di Kelurahan Karangwaru Kota Yogyakarta. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
SKRIPSI FULL 12417141007m.swf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI FULL 12417141007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLP-BK) di kelurahan Karangwaru kota Yogyakarta, beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini penting dilakukan karena fenomena partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program PLP-BK mencerminkan kesiapan masyarakat sebagai masyarakat madani/Civil Society yang diharapkan menjadi kontrol terhadap kinerja pemerintah. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian adalah pihak – pihak yang berperan dalam pelaksanaan program PLP-BK di kelurahan Karangwaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, partisipasi hanya dilakukan oleh sebagian kecil masyarakat. Pemahaman partisipasi dilakukan lewat lima indikator jenis partisipasi, pikiran, tenaga, pikiran dan tenaga, keahlian serta materi. Partisipasi yang kuat berasal dari pengurus TIPP,TP dan BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) atau muncul akibat dorongan dari BKM. Masyarakat berpartisipasi lewat cara yang berbeda yakni dengan memanfaatkan teknologi (grup Whats App Mesengger). Dukungan untuk berpartisipasi berasal dari adanya manfaat yang diterima dari pelaksanaan program PLP-BK, rasa tanggungjawab sebagai masyarakat Karangwaru yang dimiliki TIPP,TP & BKM, dan tentunya dorongan dari pengurus BKM. Hambatan yang muncul berasal dari sikap bergantung masyarakat pada BKM.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Administrasi Publik
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 12 Apr 2016 00:41
Last Modified: 30 Jan 2019 07:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30845

Actions (login required)

View Item View Item