Pengembangan Perangkat Pembelajaran Collaborative Learning Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Karakter Kreatif dan Bersahabat Siswa Kelas IV SDN I Bantul

Wahyuni, Mei (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Collaborative Learning Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Karakter Kreatif dan Bersahabat Siswa Kelas IV SDN I Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mei-wahyuni-14712259010.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran collaborative learning berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan karakter kreatif dan bersahabat subtema sikap kepahlawanan yang layak bagi kelas IV SDN I Bantul dan (2) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran collaborative learning berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan karakter kreatif dan bersahabat subtema sikap kepahlawanan yang layak bagi kelas IV SDN I Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan mengacu pendapat Borg & Gall yang terdiri atas 10 (sepuluh) tahapan yang meliputi (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft produk, (4) uji coba awal, (5) merevisi hasil uji coba awal, (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan, (8) uji coba lapangan operasional, (9) penyempurnaan produk akhir dan (10) diseminasi. Subjek uji coba adalah siswa kelas IV SDN I Bantul. Subjek uji coba awal terdiri atas 3 siswa. Subjek uji coba lapangan terdiri atas 8 siswa yang belum terlibat dalam uji coba awal, dan subjek uji lapangan operasional terdiri atas 30 siswa. Hasil penelitian ini berupa produk perangkat pembelajaran yang meliputi: silabus dan RPP. Hasil penilaian ahli menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan layak menurut ahli materi dan ahli pembelajaran dengan kategori penilaian sangat baik. Karakter kreatif dan bersahabat siswa sebelum mengikuti pembelajaran dengan perangkat yang dikembangkan menunjukkan indikator yang rendah dan setelah mengikuti pembelajaran menggunakan perangkat yang dikembangkan indikator karakter kreatif dan bersahabat siswa meningkat. Perangkat pembelajaran dinilai efektif karena hasil sign uji t berpasangan pada karakter kreatif sebesar 0,00 dan bersahabat 0,00 sehingga menunjukan adanya perbedaan signifikansi antara siswa sebelum mengikuti pembelajaran dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran collaborative leaning berbasis kearifan lokal. Selanjutnya juga dilakukan uji t independen karakter kreatif dan bersabahat pada kelas kontrol dan kelas eksperimen yang menunjukkan hasil adanya perbedaan yang signifikansi yaitu karakter kreatif sebesar 0,00 dan bersahabat 0,00

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran collaborative learning ,kearifan lokal, karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Apr 2016 01:28
Last Modified: 09 May 2019 07:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30780

Actions (login required)

View Item View Item