Pengembangan Model Permainan Polo Air Sebagai Pembelajaran Pendidikan Jasmani Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas

Kurniawan, Wing Prasetya (2016) Pengembangan Model Permainan Polo Air Sebagai Pembelajaran Pendidikan Jasmani Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wing-prasetya-kurniawan-13711251006.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model permainan polo air sebagai pembelajaran pendidikan jasmani bagi siswa sekolah dasar kelas atas yang layak, efektif, dan sesuai. Model permainan ini diharapkan mampu mengembangkan aspek afektif, kognitif, dan psikomotor, serta dapat dipergunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian pengembangan Borg & Gall (2003: 570-572), yang dimodifikasi menjadi 8 langkah pelaksanaan penelitian, langkah-langkah tersebut antara lain: (1) pengumpulan informasi lapangan (2) analisis informasi yang telah dikumpulkan (3) mengembangkan produk awal, (4) Validasi ahli dan revisi (5) Uji coba lapangan skala kecil dan revisi (6) uji coba lapangan skala besar dan revisi (7) pembuatan produk final (8) uji efektifitas produk. Ujicoba skala kecil dilakukan terhadap 20 siswa di SD N Minomartani 6. Ujicoba skala besar dilakukan terhadap 22 siswa di SD N Brengosan 2 dan 22 siswa di SD N Dayuharjo. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman pengamatan (observasi), wawancara, catatan lapangan, skala nilai, lembar penilaian uji efektifitas dan penilaian hasil belajar. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian berupa model permainan, yang berisikan 10 model permainan, yaitu: (1) permainan satu sapu, (2) permainan lingkaran lumba, (3) permainan jaga kertasnya, (4) permainan estalun, (5) permainan sirip hiu, (6) permainan bom nelayan, (7) permainan lumba berebut bola, (8) permainan lempar target, (9) permainan lempar kejar, dan (10) permainan polo air. Model permainan disusun dalam bentuk buku pedoman dan DVD dengan dengan judul Permainan Polo Air. Berdasarkan hasil penilaian para ahli materi dan praktisi, dapat ditarik kesimpulan bahwa model permainan polo air sebagai pembelajaran pendidikan jasmani bagi siswa sekolah dasar kelas atas yang didesain berkategori baik, sehingga model permainan telah layak, efektif, dan sesuai untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model permainan, polo air, siswa sekolah dasar kelas atas
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2016 10:09
Last Modified: 29 Jan 2019 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30758

Actions (login required)

View Item View Item