Pengembangan Model Permainan Sepak Bola Mini sebagai Sarana untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran Pendidikan Jasmani bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas

Setiawan, Kadek Alit (2016) Pengembangan Model Permainan Sepak Bola Mini sebagai Sarana untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran Pendidikan Jasmani bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kadek-alit-setiawan-13711251011.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model permainan sepak bola mini sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran pendidikan jasmani. Model permainan ini diharapkan mampu mengembangkan aspek afektif, kognitif, dan psikomotor peserta didik, serta dapat dipergunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi 8 langkah pelaksanaan penelitian, langkah-langkah tersebut antara lain: (1) mengumpulan informasi lapangan (2) menganalisis informasi yang telah dikumpulkan (3) mengembangkan produk awal, (4) memvalidasi produk oleh ahli dan revisi (5) menguji coba produk skala kecil dan revisi (6) menguji coba produk skala besar dan revisi (7) membuat produk final, dan (8) menguji keefektifan produk. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 22 peserta didik di SD Negeri Caturtunggal 7. Uji coba skala besar dilakukan terhadap 24 peserta didik di SD Negeri Adisucipto 2 dan 26 peserta didik di SD Negeri Caturtunggal 1. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman pengamatan (observasi), wawancara, catatan lapangan, skala nilai, lembar penilaian uji keefektifan dan penilaian hasil belajar. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian berupa model permainan, yang berisikan delapan model permainan, yaitu: (1) permainan bola gelinding, (2) permainan tembak kardus, (3) permainan lingkaran balon, (4) permainan pasing berpencar, (5) permainan menggiring ular, (6) permainan angka delapan, (7) permainan bola sodor, dan (8) permainan gawang kembar. Model permainan disusun dalam bentuk buku pedoman dan CD (Compact Disc). Berdasarkan hasil penilaian para ahli materi dan praktisi, dapat ditarik kesimpulan bahwa model permainan sepak bola mini sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran pendidikan jasmani bagi peserta didik sekolah dasar kelas atas yang didesain berkategori baik dan efektif, sehingga model permainan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model permainan sepak bola mini, tujuan pendidikan jasmani, peserta didik sekolah dasar kelas atas
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2016 09:25
Last Modified: 29 Jan 2019 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30757

Actions (login required)

View Item View Item