Pengembangan LKPD Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Islam untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Spiritual Siswa Kelas XI IPA MA Wahid Hasyim Yogyakarta

Mardhiyah, Siti (2016) Pengembangan LKPD Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Islam untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Spiritual Siswa Kelas XI IPA MA Wahid Hasyim Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-mardhiyah-13708259013.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Biologi Terintegrasi Nilai-nilai Islam serta mengetahui karakteristik, kriteria kelayakan dan besarnya keefektifan LKPD biologi yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam yang dikembangkan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan pemahaman konsep dan sikap spiritual. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model 4-D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa MA Wahid Hasyim Yogyakarta sejumlah 38 siswa dengan rincian enam siswa untuk uji coba terbatas dan 32 siswa untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar penilaian LKPD, lembar penilaian diri dan observasi sikap spiritual serta tes pemahaman konsep. Analisis data menggunakan gain score dan uji MANOVA. Hasil penelitian berupa produk LKPD biologi terintegrasi nilai-nilai Islam yang mempunyai karakteristik memenuhi tuntutan kurikulum, karakteristik peserta didik serta memudahkan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Penilaian produk memenuhi kriteria sebagai bahan ajar berdasarkan penilaian dari validator, praktisi, teman sejawat dan siswa dengan nilai sangat baik. Pembelajaran dengan menggunakan LKPD menunjukkan pemahaman konsep mengalami peningkatan tinggi (rerata gain score adalah 0,91) dan sikap spiritual mengalami peningkatan sedang (rerata gain score adalah 0,35). Keterlaksanaan rencana pembelajaran sebesar 100%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: LKPD, pemahaman konsep, sikap spiritual
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2016 07:02
Last Modified: 29 Jan 2019 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30747

Actions (login required)

View Item View Item