Evaluasi Kinerja Guru dalam Pembelajaran IPA SD di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Pasca Sertifikasi

Azizah, Siti Noor (2013) Evaluasi Kinerja Guru dalam Pembelajaran IPA SD di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Pasca Sertifikasi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-noor-azizah-09708251023.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Sekolah Dasar (SD) di Provinsi DIY berdasar keempat kompetensi yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, dan kompetensi sosial pasca sertifikasi berdasarkan penilaian diri guru, penilaian kepala sekolah, penilaian rekan sejawat, dan penilaian siswa, dan kinerja guru berdasarkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran pasca sertifikasi. Penelitian ini termasuk penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di SD Negeri dan Swasta di Provinsi DIY dengan subjek penelitian guru-guru yang mengajar IPA SD Negeri dan swasta di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang telah lulus sertifikasi lewat jalur portofolio pada tahun 2007 dan 2008 serta sudah menerima tunjangan sertifikasi. Teknik pengumpulan data berupa angket, lembar observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskripsi dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru IPA SD di provinsi DIY pasca sertifikasi berdasar keempat kompetensi yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, dan kompetensi sosial pasca sertifikasi berdasarkan penilaian diri guru, kepala sekolah, dan rekan sejawat termasuk sangat baik. Dengan rincian kompetensi kepribadian sebesar 96,7%, kompetensi profesional sebesar 76,4%, kompetensi pedagogik sebesar 83,3%, dan kompetensi sosial sebesar 88,9%. Penilaian siswa sebagian besar termasuk dalam kategori sangat baik (96,7%).Sedangkan hasil observasi proses pembelajaran guru IPA SD di Provinsi DIY pada kegiatan prapembelajaran sebagian besar kinerja guru dalam kategori sangat baik (93,3%), kegiatan inti dalam kategori sangat baik (93,3%), dan pada penutup, termasuk dalam kategori sangat baik (73,3%).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, sertifikasi, kinerja guru, guru IPA SD
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2016 05:57
Last Modified: 29 Jan 2019 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30745

Actions (login required)

View Item View Item