Nova, Eka Budiyanta (2016) PENINGKATAN KOMPETENSI PENGOPERASIAN MESIN PRODUKSI DENGAN KENDALI PLC SISWA KELAS XII TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK MA’ARIF 1 WATES MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Nova Eka Budiyanta 09518241013.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
PENINGKATAN KOMPETENSI PENGOPERASIAN MESIN PRODUKSI DENGAN KENDALI PLC SISWA KELAS XII TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK MA’ARIF 1 WATES MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF Oleh : Nova Eka Budiyanta 09518241013 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran kooperatif teknik Student Teams Achievement Division (STAD) dan media pembelajaran trainer PLC Zelio SR2B121FU guna meningkatkan kompetensi peserta didik pada mata pelajaran PLC kelas XII program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Ma‟arif 1 Wates Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas melalui pendekatan pembelajaran kooperatif teknik STAD dengan membagi peserta didik ke dalam enam kelompok. Lima kelompok terdiri dari lima peserta didik dan satu kelompok terdiri dari empat peserta didik. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data peningkatan kompetensi aspek kognitif peserta didik menggunakan instrumen pretest dan postest, aspek afektif peserta didik menggunakan lembar observasi peserta didik, dan aspek psikomotorik menggunakan lembar kerja peserta didik. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, mendiskripsikan data dan membuat kesimpulan berdasarkan deskripsi data. Kriteria keberhasilan setiap indikator pengamatan aktivitas kelompok peserta didik ditetapkan sebesar 75% dan nilai prestasi belajar sebesar 7,7 berdasarkan kriteria ketuntasan minimal. Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik STAD dengan menggunakan trainer pembelajaran PLC diperoleh hasil dapat meningkatkan kompetensi kelompok peserta didik. Hal ini dapat diketahui melalui peningkatan prosentase pada pertemuan pertama sampai dengan pertemuan keenam sebagai berikut: aspek afektif kelompok indikator pertama interaksi peserta didik dengan guru sebesar 51,72% menjadi 93,10%; indikator kedua interaksi peserta didik dengan peserta didik sebesar 55,17% menjadi 89,65%; indikator ketiga antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran sebesar 51,72% menjadi 93,10%; indikator keempat melaksanakan tugas yang diberikan kelompok sebesar 58,62% menjadi 86,20%; indikator kelima kepedulian terhadap kesulitan anggota kelompok sebesar 55,17% menjadi 93,10%; indikator keenam kerjasama kelompok sebesar 55,17% menjadi 96,55%. Hasil belajar peserta didik juga diketahui mengalami peningkatan yang ditunjukkan dari hasil nilai rata-rata pretest kelompok peserta didik pada siklus I sebesar 66,63 menjadi 83,42 pada posttest siklus II. Nilai rata-rata LKS kelompok peserta didik juga diketahui adanya peningkatan. Nilai jobsheet pertama adalah 74,57 dan nilai pada jobsheet ketiga menjadi 86,84. Keywords : penelitian tindakan kelas, student teams achievement division, trainer pembelajaran, kompetensi peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 07 Apr 2016 03:01 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30726 |
Actions (login required)
View Item |