Integrasi Nilai-Nilai Keindonesiaan dalam Proses Pembelajaran Sains di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta

Fahruddin, Moh. (2013) Integrasi Nilai-Nilai Keindonesiaan dalam Proses Pembelajaran Sains di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-moh-fahruddin-08708251027.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pemahaman guru sains dan siswa tentang nilai-nilai keindonesiaan, (2) pengintegrasian nilai-nilai keindonesiaan dalam proses pembelajaran sains, dan (3) suasana sekolah yang dikembangkan dalam upaya mendukung proses pengintegrasian nilai-nilai keindonesiaan dalam pembelajaran sains di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta dalam konteks nilai keindonesiaan yang tidak bersifat substansial bidang studi. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah guru sains dan siswa SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran sains. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif kualitatif bersifat induktif yang memberikan gambaran mengenai terintegrasinya nilai-nilai keindonesiaan dalam proses pembelajaran sains di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) guru sains dan siswa SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta memahami bahwa nilai-nilai keindonesiaan adalah nilai-nilai atau karakter khas bangsa Indonesia yang meliputi ramah tamah, sopan santun, suka tolong menolong, saling menghormati dan menghargai, bersikap adil, suka bekerja sama, dan bermusyawarah untuk kemufakatan, (2) upaya pengintegrasian nilai-nilai keindonesiaan dalam proses pembelajaran sains di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta terlihat dari metode yang digunakan guru dalam membelajarakan sains di kelas yang tidak terintegrasi secara substansial dalam materi pembelajaran sains, dan (3) suasana sekolah di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta sudah cukup mendukung terintegrasinya nilai-nilai keindonesiaan dalam proses pembelajaran sains, yang tercermin dengan semakin tanggap dan pekanya sekolah terhadap kondisi lingkungan dan masyarakat sekitar setiap kali terjadi bencana/musibah sebagai akibat dari gejala alam.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai keindonesiaan, proses pembelajaran sains, proses pengintegrasian
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2016 01:28
Last Modified: 29 Jan 2019 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30719

Actions (login required)

View Item View Item