Pengembangan LKS Fisika Berbasis Metode POEI untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA

Karina, Mega (2013) Pengembangan LKS Fisika Berbasis Metode POEI untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mega-karina-11708251002.swf

Download (36MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan LKS fisika yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa; 2) mengetahui kualitas LKS fisika berbasis metode POEI; 3) mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa dan penguasaan konsep. Penelitian ini adalah Research & Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D dengan tahapan Define, Design, Develop dan Disseminate. Tahapan define adalah tahapan merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran, menetapkan materi dan merancang evaluasi. Tahapan design yaitu menyiapkan materi, membuat produk dan menyiapkan dalam bentuk LKS. Tahapan develop yaitu tahapan dimana produk awal divalidasi oleh ahli materi, ahli media, guru fisika dan teman sejawat ditinjau dari aspek kelayakan isi, bahasa, penyajian dan kegrafikan kemudian di uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Prambanan Klaten. Data dikumpulkan melalui LKS fisika berbasis metode POEI, kuesioner, observasi dan tes hasil belajar (pretes dan posttes). Tahapan dessiminate adalah tahapan penyebarluasan LKS di sekolah SMA Negeri 1 Prambanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan ditinjau dari aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, aspek penyajian, dan aspek kegrafikan baik menurut ahli materi, ahli media, guru fisika dan teman sejawat secara umum dapat dikategorikan “baik”. Respon siswa terhadap LKS fisika berbasis metode POEI dalam pembelajaran adalah sangat setuju. Pembelajaran dengan LKS fisika berbasis metode POEI yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa ditujukan dari peningkatan persentase rata-rata ketercapaian keterampilan berpikir kreatif tiap LKS sebesar 74,42 untuk LKS 1 dan sebesar 78,17 untuk LKS 2. Selain itu, penguasaan konsep siswa kelas eksperimen rata-rata 81,34 dan kelas kontrol rata-rata 75,51. Kesimpulan penelitian ini adalah LKS fisika berbasis metode POEI dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: LKS, POEI, keterampilan berpikir kreatif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2016 01:05
Last Modified: 29 Jan 2019 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30713

Actions (login required)

View Item View Item